Pelestari Rumah China Kuno Terima Penghargaan

-- --
Penerima penghargaan pelestari benda cagar budaya tanda tangani berita acara disaksikan Kepala BPCB Jateng Tri Hartono (batik kuning)
Rembang-cbfmrembang, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah untuk kali ini memberikan penghargaan dan tali asih pelestari benda cagar budaya kepada warga kabupaten Rembang. 

Penghargaan dan tali asih sebesar Rp18 juta diberikan kepada lima orang asal Kecamatan Lasem yang dinilai layak menerima lantaran telah peduli merawat rumah China kuno masuk katagori bangunan cagar budaya. 

Kelima penerima apresiasi dan kompensasi tersebut yaitu Soebagio pelestari dua rumah China kuno sekaligus masing-masing di Desa Soditan dan Desa Gedongmulyo, kemudian Zaim Ahmad Ma'shoem Desa Soditan dan Rudi Hartono Desa Karangturi. Selanjutnya Sigit Wijtaksono  dan Djoenadi keduanya dari Desa Babagan.

Kepala BPCB Jateng Tri Hartono disela penyerahan penghargaan menjelaskan, ada beberapa kriteria dalam menetapkan siapa-siapa yang layak menerima penghargaan pelestari benda cagar budaya. Selain usia bangunan harus di atas 50 tahun, kemauan merawat, menjaga keaslian dan memberikan kemanfaatan termasuk dianrara penilaian. 

Terpisah, Soebagio pelestari 2 rumah China kuno menuturkan cukup repot juga dalam melestarikan aset milikinya karena untuk biaya perawatan per tahun butuh dana puluhan juta rupiah. Namun pihaknta tak mempermasalahkan karena memang diniati untuk menjaga keaslian nilai sejarah dari bangunan, dan Pemkab Rembang menaruh kepedulian tinggi terhadap bangunan-bangunan China kuno di Lasem. 

Sementara Ernantoro Koordinator Forum Komunikasi Masyarakat Sejarah (Fokmas) Lasem yang turut hadir pada acara yang digelar di Hotel Antika Rembang,  (8/12/) menyampaikan harapan kedepan penghargaan juga menyentuh para penjaga bangunan khas, seperti halnya 3 kelenteng yang ada di Lasem. Juga ada alokasi dana insentif rutin dari APBD baik provinsi dan kabupaten/kota mengingat biaya operasional dan perawatan tiap tahun cukup besar nilainya. ( heru budi s )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2991666132931980058

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::