Prihatin Prilaku Kekerasan dan Intoleran, Atas Nama Agama Pasutri Bersepeda Tebar Pesan Damai

-- --
Saat keluarga Gus Mus menemui Hamka Mabruri bersama istri 
Rembang - cbfmrembang.com, Prihatin dengan maraknya kekerasan yang mengatasnamakan agama belakang ini, membuat pasangan suami istri, Hakam Mabruri (34) dan Rofingatul Islamiah (34) mempunyai tekat bersepeda keliling dunia untuk menebarkan pesan perdamaian. Pasutri yang berasal dari Desa Gading, Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang, Jawa Timur, tersebut pada Sabtu (24/12) sore hingga Ahad (25/12) pagi, singgah di Rembang, untuk bertemu KH Ahmad Musthofa Bisri.

Hakam yang mengaku aktif di Gerakan Pemuda Ansor di Kabupaten Malang ini mengaku telah menyiapkan diri selama beberapa bulan, termasuk fisik, mental, dokumen, dan logistik selama perjalanan. Meskipun pada 2012, sebelum menikah, ia sudah pernah keliling ASEAN juga dengan bersepeda.

Ia menambahkan, mengaku akan membawa pesan perdamaian ke semua agama dan suku di negara-negara yang ia lintasi selama perjalanan. Ia ajakan, ia juga akan membagikan brosur yang berisi ajakan hidup damai, dan membangun toleransi.

“Saya berangkat dari Malang pada Sabtu 17 Desember 2016. Ini istri saya, (Rofingatul) Islamiah. Setiap hari kami menempuh perjalanan dengan bersepeda selama 70 kilometer. Perjalanan ini, insyaAllah akan sampai Kairo (Mesir),” ujar Hakam.

Senyum keduanyapun, nampak mengembang di wajah, meskipun perjalanan untuk misi keduannya diperkirakan akan menempuh waktu selama setahun. Dua insan ini pun tampak kompak ketika meladeni pertanyaan seputar latar belakang perjalanannya.

“2012 saya pernah keliling ASEAN guna kampanye penyelamatan penyu. Saya mengajak warga untuk tidak mengonsumsi telur penyu. Penyu itu memakan racun di laut. Kalau penyunya hilang, racun di laut siapa yang makan. Nelayan jadi terancam racun. Kan kasihan,” ujarnya.

Perjalanan dimulai dari rute makam Wali Songo, berziarah ke makam Sunan Ampel (Surabaya), Sunan Gresik, Sunan Giri (Gresik), Sunan Bonang (Tuban), Sunan Drajat (Lamongan), Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga (Demak), dan Sunan Gunung Jati (Cirebon).
Tujuan berziarah keduanya bertujuan untuk membawa spirit Wali Songo yang menyebarkan agama Islam dengan penuh kesantunan, sehingga tidak ada kekerasan dan mencegah perpecahan antarumat beragama.

“Kami juga sowan ke kyai atau tokoh-tokoh NU. Kami tahu NU itu moderat dan toleran. Seperti sekarang. Kami sowan ke Gus Mus KH Ahmad Mustofa Bisri. Semoga menjadi inspirasi bagi kami dalam menempuh perjalanan ini,” katanya.

Mereka pun mengaku ingin menghapus stigma terhadap agama Islam, yang dianggap penuh dengan kekerasan, yang mendekati radikal, dan terorisme. Menurutnya, Islam di Indonesia katanya bersahabat dan mengedepankan perdamaian.
“Dari Cirebon, kami akan ke Jakarta dan menyeberang ke Pulau Sumatera serta meninggalkan Indonesia melalui Aceh. Rencana kami akan juga masuk Myanmar, guna menyerukan perdamaian agar tidak ada lagi kekerasan termasuk yang dialami etnis muslim Rohingya,” jelasnyanya.

Menurut rencana, keduannya juga akan melakukan perjalanan ke Makkah dan Madinah, untuk menunaikan ibadah umroh, sebelum melanjutkan perjalanan ke Israel melalui Yordania. 
Menurutnya, dana guna membiayai perjalanan bersepeda bersama sang istri berasal dari sumbangan dan penjualan cinderamata “Holy Journey Cycling Trip”. Hakam dan Rofingatul yakin akan banyak dukungan dan bantuan di sepanjang perjalanan.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Cabang Rembang Hanies Cholil juga membantu misi perdamaian dunia lintas agama, termasuk perjalanan yang dilakukan Hakam bersama istrinya selama singgah di daerah ini.

“Di Rembang, sahabat-sahabat Ansor menyambut Sahabat Hakam. Kami senang mereka akhirnya mau bermalam di sini. Tadi malam pun sempat ketemu dengan pihak Paroki di Rembang untuk menyampaikan pesan perdamaian antarumat beragama,” katanya.

Hanies berharap pesan perdamaian pasangan suami istri itu tepat sasaran dan sesuai dengan misi yang diembannya. Ia pun turut mendoakan agar keduanya sehat dan selamat sepanjang perjalanan. (ASMUI)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3029385228240853219

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::