Ratusan IRT Dibekali Ketrampilan Olah Makanan

-- --
Puluhan Ibu-ibu sedang melakukan pelatihan
Rembangcbfmrembang.com, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) baru-baru ini (1-4/12) memberikan pelatihan pengolahan makanan ikan kepada  251 ibu rumah tangga (IRT) yang berada di kawasan wisata Alas Samudra Welo, yakni desa Tritunggal dan Pasar Banggi kecamatan Rembang sejak tanggal 1-4 Desember mendapatkan pelatihan pengolahan makanan ringan  di sanggar Budaya komplek  Museum Ra Kartini.

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak BPMPKB Kabupaten Rembang, Rusmiyati mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kompetensi para ibu rumah tangga. Selain itu juga diharapkan bisa muncul industri rumahan yang bida meningkatkan perekonomian masyarakat. 

"Untuk meningkatkan usaha ekonomi, sebanyak 251 ibu rumah tangga mendapatkan pelatiohan dalam bidang olahan makanan muali dari pengolahan, pengemasan hingga pemasaran sehingga muncul   industri rumahan yang bisa mengangkat perekonomian masyarakat sekitar," terangnya. 

Rusmiyati mengungkapkan,   dipilihnya dua desa tersebut karena merupakan desa pilot project binaan kementrian pemberdayaan perempuan dan anak. Selain di Rembang, kementrian juga menunjuk Kabupaten Kendal yang juga menjalankan program pelatihan serupa. 

"pihaknya sudah melaksanakan  tahapan kewirausahaan, pelatihan tata boga, lalu pengolahan bahan makanan hasil perikanan, dan di hari terakhir pelatihan promosi dan pemasaran," imbuh Rusmiyati. 

Rencananya pada tanggal 11 Desember mendatang para peserta pelatihan ini akan diajak untuk terjun langsung ke lapangan sebagai pelatihan penjualan langsung kepada penjual dalam Car Free Day (CFD) di kawasan Alun-alun kota Rembang. Selain itu juga akan turut tampil pada ajang ekspo kuliner pada tanggal 17 Desember mendatang. 

Sementara itu, Inta Tresnawati salah satu peserta dari desa Pasar Banggi mengaku pelatihan yang telah diberikan sangat berguna. Wawasan yang diterimanya mulai dari awal proses bagaimana cara untuk membuat produk hingga proses pemasaran.Insert Inta pelatihan
“Saya mendapatkan manfaat banyak sekali, apalagi proses pelatihan juga mudah dicerna sehingga sebagai pemula sangat terbantu adanya pelatihan ini,” terangnya.

Inta yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga mengaku setelah pelatihan berencana untuk membuat sendiri produk olahan makanan untuk bisa meningkatkan penghasilan. (Mufti affandi)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4905958337102451524

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::