SMPN 3 Lasem Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

-- --
Pengelolaan tanaman sistem hidroponik bawa SMPN 3 Lasem raih predikat Sekolah Adiwiyata Nasional
Rembang cbfmrembang.com, Kementerian Lingkungan Hidup pada Selasa (13/12) memberikan penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Nasional untuk jenjang pendidikan SD hingga SMA sederajat. Ada 53 sekolah, yang menerima penghargaan tingkat nasional tersebut salah satunya SMP N 3 Lasem.
Berdasar keterangan Kepala Badan Lingkungan Hidup atau (BLH) Kabupaten rembang Purwadi Samsi, penghargaan tersebut diberikan di Auditorium Manggala Wanabakti Jakarta,  bertepatan dengan sarasehan Sekolah Adiwiyata tahun 2016 belum lama ini.

Ia menambahkan, sebelumnya SMPN 3 Lasem telah menyandang status Sekolah Adiwiyata  tingkat provinsi Jawa Tengah. Lantaran telah memenuhi standar, meraih predikat tersebut. Untuk tahun ini sebenarnya menjagokan dua sekolah lain yaitu SMPN 1 Rembang dan SMAN 3 Rembang, belum berkesempatan meraih predikat tingkat nasional. 

Pihaknya akui program pelestarian lungkungan hidup di kawasan sekolah se-Kabupaten Rembang memang baru berjalan empat  tahun belakangan. Akan tetapi yang membanggakan sudah ada tiga diantaranya telah meraih penghargaan tingkat nasional yaitu SMAN 2 Rembang, SMPN 1 Lasem.

Disampaikannya, Sekolah Adiwiyata merupakan program strategis untuk mendorong terciptanya pengetahuan mengubah perilaku sejak dini dalam membangun kesadaran seluruh warga sekolah pada upaya pelestarian lingkungan hidup. Dibutuhkan penerapan sikap dan perilaku menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan hidup di masing-masing lingkup lembaga pendidikan.

Ditambahkan dari 14 sekolah yang mengajukan status adiwiyata untuk tahun ini hanya 3 diantaranya yang lolos dan akan diajukan predikat serupa di tingkat provinsi pada tahun depan meliputi SDN Pancur, SMPN 1 Kaliori dan SMPN 2 Sulang. Badan Lingkungan Hidup terus memberikan pembinaan agar menyusul 3 sekolah yang sebelumnya berhasil meraih penghargaan dari pemprov meliputi SDN 1 Mrayun Sale, SMPN 1 Rembang dan SMKN 1 Rembang.

Dari BLH Kabupaten Rembang diperoleh data sampai 2016 sudah ada 42 sekolah berstatus adiwiyata bahkan tiga diantaranya meraih penghargaan di tataran nasional yaitu SMPN 1 Lasem dan SMAN 2 Rembang dan SMPN 3 Lasem. Empat sekolah meraih penghargan tingkat provinsi terdiri SMPN 2 Rembang, SMPN 1 Rembang, SMKN 1 Rembang dan SDN 1 Mrayun Kecamatan Sale, dua sekolah berprestasi tingkat kabupaten meliputi SMAN 3 Rembang dan SDN Kumendung Rembang, ditambah 15 sekolah berpartisipasi dalam program adiwiyata. 

Terpisah, Mukhid kepala sekolah SMPN 3 Lasem saat dihubungi dalam perjalanan pulang dari Jakarta menjanjikan  akan menginformasikan prosesi penerimaan penghargaan yang diterima sekolahnya dari Kementetian LH. ( Heru budi s )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 403778626916848478

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::