Angka Bebas Jentik Masih Rendah.

-- --
Kepala DKK Ali syofi'i (kanan) menyerahkan hadiah  kepada  Desa Sidomulyo kecamatan Gunem pemenang lomba desa bebas jentik tertinggi 
Rembang-cbfmrembang.com, Dari evaluasi pelaksanaan kegiatan Pemberantasan sarang nyamuk (PSN)  tahun 2016,  kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat masih kurang. Dari  rangkaian kegiatan dalam lomba desa bebas jentik menunjukkan kwalitas yang masih rendah. Hal tersebut disampaikan oleh kepala Dinas kesehatan kabupaten (DKK) Rembang Ali Syofi’i

Ali menyebutkan, dari hasil lomba desa bebas jentik nyamuk menemukan angka bebas jentik di rumah warga  masih di bawah standar. 

Untuk desa yang dinyatakan juara Angka bebas jentik (ABJ) rata-rata baru mencapai 60 persen, masih di bawah angka standar yaitu minimal 95 persen. Kondisi ini masih memprihatinkan dan akan menjadi bahan evaluasi jajaran Dinas Kesehatan untuk lebih menggiatkan  lagi partisipasi masyarakat 

"Meski masih ditemukan jentik, dengan adanya Lomba ABJ kesadaran masyarakat sudah mengalami peningkatan ," ungkapnya.
 .
Terpisah kabid pengendalian penyakit (P2) Aris Suryono mengatakan, Lomba bebas jentik digelar harapanya masyarakat bisa  terpacu desanya bebas jentik, karena  kesadaran masyarakat untuk menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk masih rendah. 

Melalui lomba ini ada motivasi masyarakat dipedesaan ikut tergugah membersihkan desanya. Sehingga trend ABJ bisa menunjukkan angka peningkatan, Dari hasil evaluasi lomba yang digalakkan,  angka bebas jentik  meningkat yang semula dibawah 50 persen sudah diatas 60 persen. 

“ Dengan adanya lomba angka bebas jentik  menunjukkan trend peningkatan, ABJ yang sebelumnya rata-rata dibawah 50 persen bahkan ada yang 20 persen mengalami peningkatan  rata-rata mencapai 60 persen “, Jelasnya.

Data dinas kesehatan angka pesakitan  DBD tahun 2016 sebanyak 477 orang dengan jumlah korban meninggal mencapai 16 Orang. (Mufti affandi )

Berita Terkait

Terbaru 5338538961483598051

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::