Harga 50 Ribu Perkilo, Pemkab Rembang Mungkinkan Kirim Cabe Ke Jakarta

-- --
( foto:istimewa )
Rembang - cbfmrembang.com, Meski harga cabai di Kabupaten Rembang mencapai 50 ribu perkilogram, pemkab menyatakan memungkinkan jika cabe dari Rembang dapat segera di kirim ke Jakarta, dan kota besar lainnya, untuk membantu menurunkan harga cabai yang masih di kisaran 120 ribu rupiah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pertahanan Pangan Kabupaten Rembang,Suratmin pada Selasa (10/01). Ia menyatakan, jika Kementrian Pertanian bisa saja membawa produk cabe rawit dari para petani Rembang, untuk dibawa ke kota-kota besar seperti Jakarta. 

Di Rembang, selama ini cabe rawit dijual di pasar lokal dan dibeli tengkulak yang ngepul dan kemudian dibawa ke berbagai kota di Indonesia.

"Mungkin program dari Kementrian pertanian kalau mau ambil langsung dari sini dibawa ke pasar induk di Jakarta nanti kita bisa bantu. Sehingga bisa membantu penurunan harga terutama di kota-kota besar seperti Jakarta yang mencapai Rp.120ribu."jelasnya.

Suratmin menyebut, tahun ini pemerintah Kabupaten Rembang akan mengadakan perluasan area tanaman cabe rawit. Targetnya, ada perluasan area tanam cabe hingga 100 hektar.

Untuk saat ini lahan cabe rawit produktif di Kabupaten Rembang berjumlah 600 hektar. Luasan tersebut tersebar di beberapa kecamatan seperti kecamatan Sedan,Sarang,Sluke,Kragan,Bulu dan Sulang. 

"Dari luasan lahan tersebut satu kali panen tiap hektar bisa mencapai 1 sampai 1,5 ton. Dengan tambahan luasan lahan diharapkan bisa menambah hasil produksi untuk cabe rawit untuk kabupaten Rembang,"tandasnya.

Di beberapa kota harga cabai rawit merah masih tinggi. Di Jakarta, per 10 Januari 2017 harga cabai sudah mencapai Rp 160 ribu per kilogram. Kenaikan ini membuat harga cabai lainnya seperti cabai merah keriting ikut merangkak naik. ( ASMUI )

Berita Terkait

Utama 6633562085506013170

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::