Pasca SOPD Baru, Armada Sampah Tak Beroprasi

-- --
Mobil pengamkit sampah terparkir, dan tempet penampungan smpah sementara sebagian penuh

Rembang - cbfmrembang.com, Belum adanya serah terima perpindahan aset antara BLH yang kini beralih menjadi Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan umum, membuat 10 armada truk pengangkut sampah tak beroprasi, lantaran tidak adanya uang bensin untuk beroprasi.

Menurut keterangan salah satu sopir armada truk pengangkut sampah Bambang Suparno mengaku, sudah sejak tanggal 1 Januari 2017 ini, ia bersama sopir armada yang lain harus mengeluarkan uang pribadi untuk membeli bahan bakar untuk beroprasi. 

Sampai Kamis 5 Januari, Bambang bersama armada lain memilih berhenti beroprasi, karena masing-masing armada sudah mengeluarkan uang pribadi hingga 500 ribu, untuk biaya beroprasi dalam mengangkut sampah selama empat hari, diwilayah Rembang kota.

Bambang mengaku sudah menanyakan instansi baru yang menaunginya. Tetapi, Dinas Lingkungan hidup memberitahukan, jika armada sampah masih berada di bawah naungan dinas pekerjaan umum.

"Sementara ini untuk sopir tidak ada bahan bakar untuk 4 hari ini. Pasca hari kelima para sopir tak mendapatkan uang untuk beroprasi. Untuk perpindahan dari kantor yang lama ke kantor yang baru katanya belum ada serah terima. Katanya sekarang dinaungi BLH, tetapi kami tanya masih di PU" ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Purwadi Samsi menjelaskan, sejak ditetapkannya SOPD baru, DLH sebagai naungan bagi armada truk pengangkut sampah, hingga kini belum ada serah terima aset dan wewenang secara resmi oleh kedua belah pihak.

"Itu keluhan dari temen-temen sopir, katanya dengan SOTK yang baru persampahan masuk dinas lingkungan hidup, sedangkan penyerahan aset dan penyerahan wewenangkan belum sampai hari ini. Tetapi kami sudah ngadep pask Sekda, hari akan dilakukan penyerahan aset beserta orangnya" terangnya.

Purwadi menjanjikan, permasalahan sampah yang tak terangkut selama satu hari, dipastikan akan diselesaikan pada Jum'at esok. 

Pada Kamis pagi (05/1) armada truk pengangkut sampah pemkab Rembang tak beroprasi karena tidak ada uang bensin untuk beroprasi. Hal itu disebapkan, belum adanya serah terima wewenang dan aset secara resmi dari Dinas Pekerjaan Umum, kepada Dinas Lingkungan Hidup, yang membuat pengangkutan sampah di Kabupaten Rembang sedikit tersendat. 

Meski belum ada keluhan dari masyarakat, sampah terlihat menumpuk di beberapa tempat pembuangan sampah di wilayah Rembang kota. Namun sebagian tempat penampungan sementara sampah, terlihat kosong. (  ASMUI  )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 1132039396741127172

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::