Peduli Lingkungan, HKR Sedekah 1500 Pohon Di Kecamatan Bulu dan Gunem

-- --
HKR bersama IPKINDO saat menggelar baksos di Dukuh Punggur Desa Sendang Mulyo Kecamatan Bulu
BULU - cbfmrembang.com, Himpunan Keluarga Rembang atau (HKR) se-Jabodetabek, pada Minggu pagi (22/01) menggelar aksi tanam 1500 pohon, di Kecamatan Bulu dan Tegaldowo. 

Ditemui di kawasan Mbung Dukuh Punggur Desa Sendang Mulyo Kecamatan Bulu, Ketua HKR Sugiarto menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutinan yang digelar setiap satu tahun sekali.

Pada kegiatan tahun 2017 ini, jenis pohon yang ditanam di dua Kecamatan itu merupakan bibit pohon buah-buahan yang terdiri dari sawo, sukun dan klengkeng. Menurutnya, dipilihnya bibit buah itu, karena ketiganya, merupakan jenis tanaman yang berbuah tak mengenal musim. 

Selain itu, kawasan Mbung Dukuh Punggur dipilih sebagai tempat pengembangan ketiga jenis bibit tersebut, karena Dukuh Punggur merupakan kawasan dataran tinggi yang cocok untuk berkembangnnya tanaman kelengkeng, sawo dan sukun. Selain itu, di dekat mbung sudah terdapat beberapa tanaman durian milik warga yang sudah tumbuh subur, yang digadang mampu menjadi obyek wisata sejenis Tempuran.

"Ya tentu ini merupakan aksi kami sebagai wujud kepedulian dari para pengusaha asal Kabupaten Rembang yang berada di wilayah Jakarta, Bandung, Depok, Tangerang dan Bekasi. Tentu tempat yang menjadi tujuan baksos kami, adalah mereka yang memang kondisi masyarakatnya berada di bawah rata-rata" jelasnya.

Ia menambahkan, sejak tahun 2005, Himpunan Keluarga Rembang Jabodetabek atau HKR, menggelar kegiatan sosial di Kabupaten Rembang. Sejak itu pula, para pengusaha ini seringkali menggelar kegiatan baksos sekali dalam setahun, dengan berpindah-pindah tempat di Rembang. 

Mulai dari  pembagian sembako bagi warga miskin, hingga khitanan masal, dan penghijauan sudah merupakan kegiatan rutinan bagi HKR. 

Sejak bekerjasama dengan Ikatan Penyuluh Perhutanan Indonesia (IPKINDO), HKR mulai berfikir untuk memberikan sesuatu yang mempunyai manfaat bagi masyarakat. Baik manfaat untuk lingkungan, maupun manfaat bernilai ekonomi.

Hingga saat ini, sudah ada 55 ribu batang pihon yang sudah tertanam di Kabupaten Rembang sejak 2005 silam. Dengan rincian 33 ribu pohon bakau, dan 22 ribu tanaman buah-buahan. Mulai dari sukun, sawo, mangga, nangka, apukat dan kelengkeng yang di Kembangkan Di kawasan Kecamatan Sluke.

Diantara tanaman yang sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyrakat, HKR menyebut hutan mangruf yang kini tengah menjadi obyek wisata di Desa Tritunggal, yang sedang naik daun merupakan desa dampingan IPKINDO yang bekerjasam dengan HKR. Hingga saat ini, para pengusaha asal Kabupaten Rembang yang tergabung sebagai anggota Himpunan Keluarga Rembang, Jabodetabek berjumlah 4000 orang. ( ASMUI  )

Berita Terkait

Terbaru 3510826995526980624

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::