Percontohan Kampung Iklim Terancam Mandek

-- --
foto simulasi
REMBANG - cbfmrembang.com, Kampung Iklim sebagai pilot project penanganan masalah perubahan ekstrim cuaca maupun implementasi solusi problem lingkungan di suatu daerah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, juga telah diwujudkan di Kabupaten Rembang. 

Badan Lingkungan Hidup yang kini berganti Dinas Lingkungan Hidup menunjuk Desa Kumendung Kecamatan Rembang sebagai pelaksana.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang Purwadi Samsi (18/1/2017) menjelaskan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mewajibkan tiap kabupaten/kota menunjuk satu desa/kelurahan sebagai pelaksana. Tindaklanjut dari keberhasilan program dirujuk menjadi percontohan di wilayah setempat.

Tentunya mengacu pada karakteristik tiap daerah sambung Purwadi Samsi,  namun secara universal berkaitan dengan sikon kekeringan, menjaga ketersedliaan air dan kebersihan lingkungan hidup. 

Realisasinya hampir mirip namun ada penguatan pada sektor menonjol dalam artian yang paling kurang sehingga disiapkan solusi terbaiknya.

Disinggung keuntungan keberadaan kampung iklim oleh Purwadi Samsi dijelaskan sebagai upaya penanganan global warming. 

Dicontohkan langkah antisipasi hujan berkepanjangan dengan membangun embung, memperbanyak bio pori untuk tangkapan air dan bank sampah disertai proses daur ulang sehingga tak menjadi sarang lalat dan nyamuk. 

Ditambahkan, proses pembentukan kampung iklim telah diagendakan selama tiga tahun (multi years) dengan serapan dana maksimal mencapai Rp50 juta. Hanya saja lantaran tahun ini tak masuk dalam anggaran maka nampaknya akan mandek padahal merupakan proyek percontohan di wilayah setempat. (Heru Budi S)

Berita Terkait

Terbaru 7430101122175831511

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::