Permadani Mampu Nguri-nguri Budaya Jawa

-- --
Wakil Bupati Bayu Andriyanto saat menerima anggota Permadani
Rembang-cbfmrembang.com, Gempuran budaya dari luar dan pengaruh gaya hidup yang modern sedikit demi sedikit mengikis budaya jawa. Untuk itu persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) Rembang diharapkan mampu menjadi salah satu organisasi yang mampu nguri-nguri budaya jawa dengan niat ikhlas. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto. 

 Wakil Bupati  Juga tak melarang  siapapun  boleh bergabung ke Permadani, tidak hanya seniman saja, baik yang berusia tua maupun muda, yang terpenting harus mengikuti pawiyatan (kursus) dulu.

"Wabup juga menghendaki Forkopimda,para kepala bidang dan camat untuk diberikan kursus bahasa jawa.  Wakapolres Juga menyatakan kesediaanya menjadi siswa." Ungkapnya.

Sekretaris Permadani Rembang, Purwono mengatakan, Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) Rembang  memiliki wacana masuk ke sekolah-sekolah. Hal itu coba dilakukan untuk menjaring anggota usia muda.

Ia menyebutkan anggota Permadani masih di dominasi orang tua. Sementara yang masih muda hanya kisaran 20 persen saja. Untuk menarik minat generasi muda pihaknya kedepan akan membuat terobosan masuk ke sekolah seperti SMA dan SMK, agar generasi muda paham tentang bahasa dan budaya (jawa).

Purwono juga menyampaikan, Wakil Bupati Bayu Andriyanto telah memberikan motivasi kepada Permadani, dan  diminta segera membuat program dan diberikan ke Pemkab.Insert Purwono Permadani

Dalam waktu dekat Permadani akan menggelar pawiyatan pranata cara towen pamedhar  sabdo semacam pelatihan selama enam bulan. Peserta akan diajari Kapermadanen (Kepermadanian), basa towen sastra (mempelajari sastra jawa) ,kepanata caran (pranata cara), pamedar sabdo (belajar untuk berbicara di depan umum memberikan ular ular atau nasehat.

Ditambah materi ngadat tata cara jawa (mempelajari adat jawa), ngedi busono (cara memakai pakaian adat),sekar lan gending ,paduwungan (mempelajari tentang keris), wenggepin wicara (ttg bagaimana org itu bicara enak di dengar), budi pekerti,paragan praktek semua materi yang telah dipelajari.(Mufti Affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 878535008140583124

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::