Rileksasi 6 Bulan, Nelayan Rembang Sebut Bukan Solusi

-- --
Aktifitas Di TPI Tasikagung Rembang ( foto:cbfmrembang.com )
Rembang - cbfmrembang.com, Masa rileksasi yang diberika oleh pemerintah kepada nelayan yang ada di Jawa Tengah, Nelayan di Kabupaten Rembang menganggap hal tersebut bukan merupakan solusi.

Hal tersebut diungkapkan oleh para nelayan di Kabupaten Rembang saat sosialisasi masa rileksasi cantrang di balai Pelabuhan Perikanan Pantai Tasik Agung Rembang. Dalam sosialisasi tersebut, Musyafa' salah seorang pengusaha penangkapan ikan dari Desa Tanjungsari mengaku, jika masa rileksasi yang dibererikan bukan merupakan solusi yang bijaksana.

Selain itu, nelayan merasa keberatan jika harus dipaksakan mengganti alat tangkap cantrang yang selama sudah menjadi tungkuan hidup para ribuan masayarakat yang menggantungkan hidup di wilayah pesisir pantai Tasik Agung. 

"Pemerintah terkesan memaksa kita untuk mengganti alat. Sebetulnya dalam hati kecil kita menolak, tapi kita masyarakat kecil harus patuh dengan aturan yang diterapkan oleh pemerintah" jelasnya.

Musyafa' juga menambahkan, biaya pergantian alat perkapal yang mencapai 2,5 sampai 3  milyar yang menjadi faktor utama para nelayan menolak jika harus mengganti alat tangkap. Belum lagi, kemungkinan gagal dalamk menangkap ikan dengan API baru, juga menjadi ketakutan tersendiri bagi para nelayan di Kabupaten Rembang.

Sementara itu, Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Tasikagung Sukoco meminta, para nelayan untuk memcoba api baru terlebi dahulu, terkait dengan 90 % SIPI yang sudah mati, maka ia meminta para nelayan untuk segera mengajukan proses perijikan.

Ia menjanjikan, akan melakukan proses secepatnya, agar para nelayan bisa segera beraktifitas, untuk mempersiapkan peralihan alat tangkap yang baru. ( ASMUI )

Berita Terkait

Utama 720184517676282564

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::