Sebagian Besar Nelayan Rembang, Masih Menolak Menanda Tangani Pakta Integritas

-- --
Kapal cantrang di Rembang, masih banyak yang terparkir di pelabuhan TPI Tasikagung Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Hingga saat ini, sebagian besar nelayan di Kabupaten Rembang, masih belum bersedia menandatangani pakta integritas sebagai peryataan jika para nelayan bersedia untuk mengganti alat tangkap cantrang. 

Hal tersebut, disampaikan oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Tasikagung Rembang Sukoco. Sampai hari ini, sejak diadakannya sosialisasi beberapa waktu yang lalu, dari 245 kapal cantrang yang ada di Kabupaten Rembang, baru 5 kapal yang menyatakan dan bersedia mengganti alat tangkap, dengan menanda tangani Pakta integritas bermatre.

Ia menambahkan, jika sebagian besar nelayan makasih menganggap, penandatanganan Pakta integritas merupakan jebakan untuk memaksa para nelayan meninggalkan cantrang. Sedangkan persyaratan untuk dapat mengurus persyaratan kelengkapan berlayar, syaratan utama yang harus penuhi adalah membuat pakta integritas.

"Kemudian bagi kapal cantrang yang akan melanjutkan berlayar sampai dengan 30 Juli 2017, tetap persyaratan utamanya adalah membuat pakta integritas. Bagi yang tidak menandatangani pakta integritas, tidak bisa diabuatkan SIPI kusus untuk berlayar hingga 6 bulan kedepan" jelasnya.

Salah satu pengurus kapal KM Bahari Mulyadi mengaku, hingga saat ini pihaknya belum mau menanda tangani pakta integritas lantaran para nelayan lain belum bersedia membuat surat pernyataan sebagai mana yang diminta oleh pihak Kementrian Kelautan.

Ia pun mengaku dalam hati masih berharap, cantrang masih diperpolehkan untuk beroprasi seperti yang dulu. Lantaran tak ada pilihan, ia pun mengaku terpaksa mengikuti aturan yang diterapkan oleh pemerintah. ( ASMUI )

Berita Terkait

Utama 6154794332508654663

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::