Turun Tipe B, Tak Surutkan DKK Berikan Layanan Masyarakat

-- --
Hafidz saat melakukan sidak di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Sesuai Undang-Undang dan peraturan pemerintah, Dinas Kesehatan memiliki tugas yang berat, namun sejak adanya penataan  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) justru Dinas ini turun tipe, yang semula kategori tipe A menjadi tipe B, dengan konsekuensi hilang satu posisi Kepala Bidang (Kabid) dan beberapa kepala seksi (Kasi).Hal tersebut dibenarkan oleh Sekertaris Dinas kesehatan Kabupaten (DKK) Rembang Supriyo Utomo.

Supriyo menyebutkan bebrapa bidang yang dirampingkan adalah. Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) sekarang menjadi seksi Promkes dan Pemberdayaan Kesehatan dan masuk di bidang Kesehatan Masyarakat. 

Di bidang kesehatan masyarakat juga terdapat seksi kesehatan keluarga (Kesga), seksi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Gizi, seksi pemberdayaan masyarakat dan seksi penyehatan lingkungan.

Sementara Bidang P2PL menjadi Bidang Pengendalian Penyakit (P2). Di bidang tersebut terdiri dari seksi penyakit tidak menular, Seksi Penyakit Menular dan Seksi Surveillance. Untuk Sekretariat berkurang satu subbag, sekarang menjadi subbag Umum Kepegawaian dan subbag Program Keuangan.

Untuk bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) dan Sumber Daya Kesehatan (SDK) terdiri dari seksi pelayanan kesehatan, seksi farmasi makanan dan minuman dan seksi sumberdaya kesehatan. Satu bidang hilang empat seksi subbag hilang.

“Yang jelas volume pekerjaan tetap, hanya bidangnya terjadi perampingan.Kita nanti menyesuaikan saja,”tandasnya.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz saat melakukan sidak di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Senin (16/1/2017) pagi mengatakan meskipun terjadi penurunan kategori tipe A menjadi tipe B, Bupati meminta Jajaran dinas kesehatan untuk terus meningkatkan kinerja, utamanya dalam melayani masyarakat.

“Jabatan (Kabid) dihilangkan satu, karena yang semula kategori tipe A turun menjadi tipe B. Ini pukulan berat bagi kami. Namun kita akan berupaya maksimal, karena lebih terhormat dengan Sumber daya sedikit bisa menghasilkan banyak, daripada banyak tapi hasilnya sedikit. Mudah-mudahan kawan-kawan di dinas kesehatan ini tetap semangat tanpa menghiraukan yang tadi saya sampaikan,”ujarnya.

Terkait rotasi jabatan, Bupati menuturkan merupakan hal yang wajar di dalam suatu organisasi. Semua dilakukan untuk menata organisasi secara utuh, tidak ada yang dibuang atau lainnya.

Ditahun 2017 ini Bupati mengajak jajaran Dinas kesehatan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan masyarakat, karena sarana dan prasarana penunjang seperti pembangunan gedung baru telah dipenuhi . “Mari kita tingkatkan kinerja di tahun 2017 ini. Tidak hanya pembangunan gedung yang mewah tetapi juga peningkatan pelayanan kesehatan."Ujarnya. (Mufti affandi)

Berita Terkait

Terbaru 5079457844185699121

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::