Dua Desa Tak Menerima Bankeu

-- --
Bupati memberikan pengarahan Musrengbancam di kecamatan Sulang 
Sulang-cbfmrembang.com, Dua desa di kecamatan Sulang Yakni desa Karangsari dan Landoh tidak mendapatkan bantuan keuangan (Bankeu). Pertimbangan tersebut diantaranya desa tersebut telah mendapat bantuan langsung, seperti Desa Landoh yang tidak mendapat Bankeu tetapi menerima Bantuan Langsung Sebesar Rp.556 juta. 

Hal itu disampaikan Bupati Rembang, H.Abdul Hafidz saat Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) di kecamatan Sulang di pendopo kecamatan setempat, Kamis (9/2/2017). 

Kondisi tersebut  sempat mencuat adanya persepsi negatif terkait perbedaan nominal atau pun desa yang tidak menerima bankeu. Oleh sebab itu Pemerintah Desa diminta tidak cemburu terkait Bantuan Keuangan (Bankeu) yang diberikan oleh Pemerintah kabupaten. Karena semua sudah melalui pertimbangan dan asas keadilan.

 Bupati menjelaskan, Bankeu merupakan salah satu instrumen untuk pembangunan desa saja, masih ada Bantuan Sosial (Bansos), bantuan langsung, dana desa,ADD, dan dana bagi hasil. Dengan demikian kebijakan tersebut tidak boleh dilihat secara parsial saja tapi harus dilihat secara komprehensif. 

Pemkab pun telah merevisi Peraturan Bupati tentang Bankeu guna menghindari kesenjangan.Di Perbup pemerintah kabupaten  dapat membantu kepada desa melalui Bankeu dengan kategori desa merah maksimal Rp 500 juta,desa kuning maksimal Rp 400 juta, desa hijau maksimal Rp 300 juta.

"Setelah kita evaluasi ternyata Perbup tersebut banyak menimbulkan masalah maka kami rubah. Bankeu ke pemerintah desa merah maksimal Rp.250 juta,desa kuning maksimal Rp.150 juta, desa hijau maksimal Rp.100 juta dan sekarang ada desa biru maksimal Rp.75juta." Ungkapnya

Desa kategori desa merah merupakan desa dengan kemiskinan paling tinggi, kuning agak tinggi, hijau tingkat kemiskinan rendah dan biru kemiskinannya sudah tidak ada. Hal itu akan menjadi pedoman dalam penyaluran Bankeu oleh pemkab.

Rata-rata desa dari dana bagi hasil, ADD dan Dana Desa,hibah, menerima Rp.1 milyar. Jika ditambah bantuan yang lain maka menjadi Rp.1,3 milyar sampai Rp.1,6 milyar. 

 Sementara itu Camat Sulang Slamet Hariyanto menyebutkan, alokasi dana pemerintah untuk wilayah kecamatan Sulang saat ini sebesar Rp.35 milyar lebih.

Camat Sulang menambahkan dengan anggaran sebesar 35 Milyar lebih untuk 21 desa, pembangunan bisa  berjalan lancar dan pihak desa bisa memberikan kontribusi pembangunan. 

"Anggaran yang tersedia kurang lebih Rp 35 milyar, dana tersebut bersumber dari Dana Desa, ADD, dana bagi hasil, bantuan keuangan, hibah,bansos, belanja langsung dan masih akan ditambah bankeu dari provinsi yang masih belum diketahui nominalnya,"Imbuhnya.(Mufti Affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2985005869825485591

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::