Gubernur Jateng Terbitkan Izin Semen Di Rembang

-- --
Bupati Rembang saat menerima surat dari Gubernur Jawa Tengah, melalui Setda Provinsi Jawa Tengah Indrawasi
REMBANG - cbfmrembang.com, Gubernur Provinsi Jawa Tengah Kamis malam (23/2/2017) akhirnya resmi menerbitkan izin lingkungan kegiatan penambangan PT Pabrik Semen Indonesia, di Rembang. Hal tersebut seperti apa yang disosialisasikan oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz pada Jum'at siang (24/02/2017) di ruang rapat lantai dua Kantor Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Biro Hukum Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Indrawasi mengatakan, Gubernur meminta kepada Bupati Rembang agar menyosialisasikan izin lingkungan tersebut selama lima hari kerja secara berturut-turut.

Ia menambahkan, sesaat setelah terbitnya keputusan Gubernur Jawa Tengah, tentang izin lingkungan pabrik semen milik PT Semen Indonesia, Badan Lingkungan Hidup Jawa Tengah langsung membuat pengumuman melalui website resmi milik Pemerintah Provinsi Jateng dan media sosial. 

“Mungkin bapak ibu sudah perso geh, ini surat keputusan dari Gubernur Jawa Tengah diaturkan ke Pak Bupati. Ini surat dari Gubernur yang asli. Agar Bupati membantu melaksanakan atau menyampaikan informasi terhadap keputusan Gubernur tentang izin lingkungan kepada masyarakat terkait,” terangnya.

Bupati Rembang seusai menerima surat dari Gubernur yang disampaikan secara langsung oleh Kepala Biro Hukum Setda Jateng di Ruang Rapat Bupati menyatakan akan menyosialisasikan izin lingkungan pabrik semen tersebut kepada segenap masyarakat dalam waktu lima hari sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Tengah.

Pihaknya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama kelompok yang kontra terhadap pendirian pabrik semen, agar bisa memahami keputusan Gubernur mengenai izin lingkungan, sebagai sebuah kepentingan bangsa dan negara, bukan untuk kepentingan yang lain.

Izin yang keluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan nomor 660.1/0493, tentang penerbitan izin lingkungan kegiatan penambangan dan pembangunan pabrik semen milik PT Semen Indonesia (PERSERO) Tbk. Di Kabupaten Rembang.

Didalam surat tertera, berdasarkan hasil komisi penilaian Amdal (KPA) dalam rangka penilaian Adendum Andal dan RKL-RPL pada tanggal 2 Februari 2017 yang terdiri dari unsur pemerintahan, pakar dari berbagai perguruan tinggi (pakar hukum, pakar pertambangan, pakar lingkungan hidup, pakar sosial, pakar kesehatan masyarakat, dan lain-lain), LSM/ Pemerhati lingkungan, dan masyarakat terdampak, maka dinyatakan bahwa rencana kegiatan penambangan dan pembangunan pabrik semen PT Semen Indonesia (PERSERO)Tbk. di Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah dapat direkomendasikan layak oleh lingkungan hidup. ( ASMUI )

Surat Izin lingkungan yang diterbitkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah


Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 37252710506102606

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::