Hujan Masih Turun Petani Kesulitan Keringkan Gabah

-- --
Petani  masih kesulitan untuk menjemur hasil panen padi karena bersamaan dengan datangnya musim penghujan 
Kaliori-cbfmrembang.com, Hujan selama sepekan ini yang mengguyur wilayah Rembang membuat para petani di wilayah setempat terkendala dalam menjemur padi. Pasalnya, saat gabah hasil panen hendak dijemur sangat kesulitan menyebabkan butuh waktu hingga berminggu-minggu bagi petani untuk  sekedar mengeringkan gabah hasil panen .

Seperti yang dialami Suparwi Petani di desa Sidomulyo kecamatan kaliori. Ia mengatakan, dalam sepekan ini sebagian besar petani yang sudah panen raya mengeluhkan kesulitan untuk menjemur gabah karena berbarengan datangnya musim penghujan. 

Suparwi yang juga merupakan ketua gapoktan desa Sidomulyo mengungkapkan, kondisi ini bisa menyebabkan kualitas gabah kering menjadi turun. Penyebabnya  gabah masih basah dan lembab karena tidak ada panas matahari. Akibatnya warna gabah bisa berubah dan bisa tumbuh. Sehingga apabila sudah mengering ketika nanti diselep jadi beras warnanyapun tidak bisa putih dan agak menguning. Bila dijual harganya bisa turun.

Suparwi mengatakan hasil panen tahun ini diakuinya mengalami penurunan dan kurang memuaskan dibanding tahun sebelumnya. Hal itu dipicu munculnya penyakit padi mendadak yakni wereng. 

Menurut Suparwi dari luasan lahan pertanian sekitar 200 Hektar diwilayah kecamatan kaliori sebagian besar telah panen raya namun hasil panen per hektarnya diperkirakan belum mampu meraup 9 ton karena terkendala serangan penyakit. 

Secara bersamaan Panen raya (1/2)  dipusatkan di desa Sidomulyo kecamatan Kaliori. Secara simbolis Bupati Rembang Abdul hafidz beserta jajaran Forkompinda melakukan panen raya.( mufti affandi )  

Berita Terkait

Terbaru 7583268186252241702

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::