Klasifikasi Bankeu 2017 Berbeda

-- --
Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda kabupaten Rembang- Sugiyarto, saat kegiatan musrenbang kecamatan Kaliori, di pendopo kecamatan setempat, baru-baru ini.
KALIORI-cbfmrembang.com, Anggaran Bantuan Keuangan (Bankeu) yang diberikan untuk desa, pada tahun 2017 ini terjadi perbedaan pengelompokan dan besaran bantuan. Pasalnya bankeu berdasarkan Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011 hanya ada kategori desa merah dengan bantuan 500 ribu rupiah, kuning dengan bantuan 400 ribu rupiah dan kategori desa hijau dengan bantuan 300 ribu rupiah. 

Namun bantuan di tahun 2017 berdasarkan Penguatan Basis Data Terpadu (PBDT) untuk kategori desa merah mendapat bantuan 250 ribu rupiah, desa kuning 150 ribu rupiah, desa hijau 100 ribu rupiah dan di tahun 2017 ditambah kategori desa biru dengan bantuan senilai 75 ribu rupiah.

` Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Rembang- Sugiyarto mengatakan, kebijakan pemerintah kabupaten Rembang untuk mengurangi dana Bankeu untuk mengurangi kesenjangan (ketimpangan) dan Dana Desa yang diterima desa dari tahun ke tahun semakin meningkat terus. 

Dicontohkan 1 desa setiap tahun minimal menerima dana 1 Milyar dari 3 komponen meliputi Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD) dan Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi (DBHPR) belum ditambah dana hibah, bantuan sosial (bansos), bankeu dan belanja Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang lokasinya di desa. 

Sugiyarto menjelaskan berdasarkan PPLS 2011 desa di wilayah kecamatan Kaliori dengan kategori merah meliputi desa Meteseh, Sidomulyo, Sendangagung dan desa Pengkol. Sedangkan kategori kuning yaitu desa Tambakagung, Maguan, Wiroto, Banggi, Kuangsan, Gunungsari, Karangsekar, Babadan dan desa Sambiyan. 

Sementara desa dengan kategori hijau yaitu desa Mojorembun, Tunggulsari, Mojowarno, Dresi Kulon, Dresi Wetan, Tasikharjo, Purworejo, Bogoharjo Banyudono dan desa Pantiharjo.

Sugiyarto mengungkapkan berdasarkan PBDT 2015 desa di wilayah kecamatan Kaliori dari desa merah ke desa kuning yaitu desa Sidomulyo dan desa Pengkol. Sedangkan dari desa Kuning menjadi desa merah yaitu desa Maguan. Dari desa kuning menjadi desa hijau yaitu desa Wiroto dan desa Karangsekar. Sedangkan dari desa Kuning menjadi desa merah yaitu desa Babadan.

Sedangkan desa Hijau ke desa biru yaitu desa Tunggulsari. Desa Hijau ke desa Kuning yaitu desa Dresi Kulon. Sementara desa Hijau yang menjadi desa biru yaitu desa Dresi Wetan, Tasikharjo, Purworejo, Bogoharjo, Banyudono dan desa Pantiharjo.( Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2568370930133104362

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::