Pekan Ini Pemkab Tangani Tanah Longsor Desa Tulung Dan Jembatan Sidorejo

-- --
Peninjauan Bupati Bersama dengan wakilnya di Desa Sidorejo Kecamatan Sedan
PAMOTAN, SEDAN - cbfmrembang.com, Abdul Hafidz memastikan akan segera melakukan penangan terkait longsoran yang terjadi di Desa Tulung Kecamatan Pamotan. 

Ia mengatakan, tanah yang longsor yang terjadi sepanjang 100 meter itu, dinilai membahayakan bagi delapan kepala keluarga yang tinggal didekatnya. Sehingga membuat Pemkab Rembang harus segera mengambil langkah penangan secara serius.
Iapun mengaku, telah menginstruksikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang untuk segera menindaklanjuti, kejadian tersebut.

Rencananya, pemkab akan mengambil sejumlah langkah dengan cara membronjong. Selain itu, penerapan model trap lima meter, tiga meter, dan dua meter, akan dilakukan untuk mengantisipasi longsor susulan. 

"Ada dua model penanganan,yang pertama dengan bronjong,jadi di trap lima meter, tiga meter kemudian trap dua meter. Model kedua setelah dibronjong nanti diberi sabuk yang diisi semen,nanti akan kita pilih sesuai dengan jumlah anggarannya yang ditaksir Rp 500 juta,"jelasnya.

Menurut HafidZ, langkah tersebut dinilai lebih efektif dan efisien jika dibanding dengan tindakan relokasi. Pasalnya, jika sudah menyangkut relokasi, sangat kecil dimungkinkan, warga untuk seteju dengan rencana tersebut.

Salah satu warga yang bagian rumahnya terkena longsoran Lisa menjelaskan, setiap hujan lebat dan sungai banjir, tanah yang ada di bantaran sungai, sedikit demi sedikit mengalami longsor.

Hingga tanggal 15 Februari kemarin, terjadi banjir yang mengakibatkan gudang tempat penyimpanan gabah yang terbuat dari bambu, miliknya longsor. Insert 18 Peb 17 Lisa
"Kami berharap dengan kedatangan Bupati dan Wakil bupati ke sini,longsor bisa ditangani secara serius"pungkasnya.

Seusai meninjau lokasi longsoran di Desa Tulung, orang nomor satu di Rembang itu melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Sedan, untuk meninjau jembatan di Desa Sidorejo yang mengalami longsor dibagian tebing sayapnya.

Hafidz memastikan penanganan Jembatan tersebut akan dilakukan pekan ini. Menurut pantauan , kerusakan jembatan Sedan sudah tergolong parah,sehingga membahayakan bagi penggunanya.

Untuk melakukan penangan jembatan tersebut, Pemkab akan menganggarkan dana sekitar Rp 100 juta. Sementara, demi keamanan pengguna jalan, dipasang tong beserta garis penanda demi keselamatan. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5673093511605536343

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::