Penolakan Imunisasi Menjadi Bahan Evaluasi DKK

-- --
Ali Sofi'i menyebutkan Penolakan imunisasi diupayakan dicarikan  solusi dan  akar permasalahan 
Rembang-cbfmrembang.com, Kasus klasik  masih adanya penolakan Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di kabupaten Rembang menjadi catatan dan evaluasi Dinas kesehatan kabupaten Rembang  dalam  kegiatan rakor .

Kepala Dinas kesehatan kabupaten (DKK) Rembang Ali Syofi’i mengatakan, dari catatan evaluasi rakor dinas kesehatan masih dijumpai adanya masyarakat yang masih  menolak imunisasi.

Namun demikian capaian imunisasi di Rembang dinilai masih  cukup bagus, tercatat  rata-rata partisipasi  capaian diatas 95 persen, dan penolakan berkisar 5 persen. Adanya  penolakan ini perlu diwaspadai karena sewaktu-waktu bisa memunculkan bahaya  seperti adanya virus campak ,

Ali menyebutkan penolakan warga terkait imunisasi disebabkan karena  adanya kekurangmauan masyarakat menyadari ikut partisipasi program imunisasi. Seperti kekurangtahuan peserta biasanya dipicu  merasa tidak perlu, anaknya sehat dan kandungan aspek religiuas. 

 “Sebenarnya fenomena tersebut sudah ada sejak lama. Tapi faktanya, sampai sekarang masih saja terjadi. Hanya, persentase warga yang menolak relatif kecil,” katanya

Terkait fenomena tersebut, Ali Syofi’i  mengimbau masyarakat tidak usah khawatir terhadap kandungan vaksin imunisasi. Pasalnya setiap obat dan vaksin sudah melalui uji klinis Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI. Artinya, obat dan vaksin yeng telah lulus uji klinis aman digunakan bagi masyarakat. Ihwal kejadian ikutan pascaimunisasi, menurut Ali  sebatas efek samping yang sifatnya sementara.

Ali menerangkan, ada lima jenis imunisasi bagi anak yang sifatnya wajib. Sebab vaksin imunisasi tersebut bersifat membangun kekebalan tubuh anak terhadap penyakit berbahaya. Contohnya bibit penyakit campak dan tetanus yang mematikan.

Sebagai upaya memberikan kesadaran warga manfaat imunisasi  Dinas kesehatan Rembang berupaya mencari akar permasalahan untuk diselesaikan.( Mufti affandi )  

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2703931775865680880

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::