Rawan Banjing dan Longsor, Desa Meteseh Usulkan Talut Sungai Randugunting

-- --
Rawan Banjing dan Longsor, Desa Meteseh Usulkan Talut Sungai Randugunting
Sungai Randugunting yang melintasi Desa Meteseh Kecamatan Kaliori Rembang
KALIORI – cbfmrembang.com, Warga Desa Meteseh, Kecamatan Kaliori, meminta pemerintah daerah menata sungai Randugunting dengan menambah talud pada bibir sungai. Hal itu disampaikan oleh pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Meteseh Jamsu, dalam musrenbang di pendopo Kecamatan Kaliori, belum lama ini.

Menurutnya, sungai Randugunting dalam peta masuk dalam wilayah Kabupaten Rembang, meskipun posisinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Pati. Selain itu, dinilai sungai tersebut menjadi langganan banjir dan rawan longsor setiap tahunnya.

Selain itu, efek yang ditimbulkan dari longsor tahunan, sebanyak 5 rumah warga dibantaran sungai Randugunting terpaksa direlokasi ke tanah milik desa oleh pemerintah Desa Meteseh. 

“Setiap tahunnya, ada saja rumah warga Desa Meteseh yang dipindahkan ketanah milik pemerintah Desa Meteseh pak, karena menjadi langganan tanah longsor karenan sungai randugunting belim ada talutnya” jelas Jamsu.

Menanggapi hal itu anggota DPRD Kabupaten Rembang Henry Purwoko menjelaskan, pihaknya setuju untuk segera dilakukan penanganan terkait permasalahan tersebut. Pada tahun 2016, ia mengaku melihat langsung puluhan rumah warga yang terendam banjir.

Kepala Bidang fisik dan prasarana Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang Sugiyarto mengungkapkan,  memang perlu segera ada penanganan. 

Ia mengaku Pemkab Rembang mempunyai dana tak terduga, untuk penanganan longsor, dengan catatan datan akurat yang disertai foto, serta laporan tersebut diketahui oleh camat setempat, sebelum diusulkan kepada Bupati Rembang.

Ia menyarankan, usulkan pembuatan talud sungai Randugunting untuk segera dimasukkan ke bahan Musrenbang Kabupaten, agar dapat direalisasikan pada tahun 2018 mendatang. ( Masudi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3721198684429627175

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::