Unik, Pisang Berbuah Tanpa Melalui Proses Jantung

-- --
Parman saat menunjukkan pisang yang berbuah tanpa jantung
REMBANG - cbfmrembang.com, Siapa yang tak tahu dengan  pohon pisang. Belum lama ini, warga digegerkan dengan penemuan pohon pisang milik Ngasmin warga Rt 4 Rw 1 Desa Ngadem Kecamatan Rembang yang berbeda dari pisang-pisang biasanya.

Pada pohon pisang milik Ngasmin, 1 dari 10 pohon pisang yang ada di sawahnya ditebang karena sudah waktunya panen. Beberapa bulan kemudian, bukan tunas yang tumbuh, melainkan Setangkai pisang yang justru muncul dari bekas pohon pisang yang ditebang pada 1,5 bulan lalu. 

Meski ukuran buah pisangnya hanya sebesar jari kelingking orang dewasa, namun kejadian ini mengundang perhatian warga, karena hal tersebut tidak biasa.

Salah seorang keponakan Ngasmin, Parman menuturkan, tepatnya pada 5 Februari, Ngasmin terkejut mendapati bekas pohon pisang yang ditebangnya muncul setangkai buah pisang dengan isi delapan buah.

Parman yang mendapat laporan dari pamannya, kemudian membuktikan dengan mendatangi sawah yang jaraknya 500 meter dari rumahnya. Ia pun ikut terkejut dengan adanya setangkai pisang yang berbuah tanpa melalui proses jantung pisang terlebih dahulu.

“Ini jenis pisang susu. Biasanya kan pohon pisang kalau sebelum berbuah tumbuh jantungnya dulu, tetapi ini buahnya malah tumbuh di bekas tebangan pohonnya. Ini kan termasuk langka,” tuturnya.

Rencananya pisang tersebut akan dibiarkan tumbuh menjadi besar. Menurutnya jika buah pisang tersebut mampu tumbuh besar akan lebih menarik perhatian masyarakat.

 Lazimnya, jika pohon pisang ditebang yang terjadi akan tumbuh tunasnya. Setelah tunas besar akan tumbuh daun dan juga jantung pisangnya. Tapi pisang milik Ngasmin, setelah ditebang langsung keluar setangkai buah, dengan isi 8 buah. (  ASMUI  )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2089345664400724928

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::