Adipura Terkendala Persyaratan Pengolahan sampah

-- --
Terbatasnya kontainer sampah menjadi salah satu penyebab sampah di TPS menumpuk
REMBANG-cbfmrembang.com, Pemkab Rembang terus melakukan berbagai pembenahan untuk memperoleh penghargaan Piala Adipura. Salah satu langkah yang dilakukan, adalah melakukan penambahan alokasi TPA. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Purwadi Samsi mengungkapkan, sesuai penilaian  supaya dapat lolos mendapatkan  Adipura  untuk  TPA  Sampah minimal harus memiliki nilai 75 point.

Karena dalam penilaian Adipura keberadaan  TPA sampah menjadi nilai maksimal. namun selama ini untuk penilaianTPA Pemkab Rembang  baru memiliki nilai  71 point. Penyebabnya TPA yang dimiliki salah satunya di Terep Besi kecamatan Sulang baru memiliki lahan seluas  3 hektar,  sesuai penilaian minimal luas TPA harus 5 hektar.  Kendala lain termasuk masih minimnya pemrosesan ulang  sampah, dan sejauh ini diakuinya belum bisa terpenuhi. 

Menurut Purwadi Samsi penambahan luas lahan sekitar 2 hektar diakuinya tidak mudah  dan memerlukan pemilahan dan memerlukan tambahan alat lagi. 

Sedangkan keberadaan TPA di desa Sidomulyo kecamatan Sedan sejauh ini kondisinya mangkrak dan belum beroperasional.  Kendala yang dihadapi karena masuk kampung sehingga harus ada kompromi dengan masyarakat sekitar dan perlu solusi diperbolehkan melewati atau tanah yang dilewati bisa dibeli.  

Sementara Sarana penunjang keberadan alat pengolah sampah yang dimiliki kondisinya rusak dan peralatannya dianggap sudah kuno dan butuh biaya opersional mahal untuk merawatnya.  

Selain itu Sebagai langkah persiapan fisik dilapangan  Dinas  lingkungan hidup (BLH) kabupaten Rembang telah  berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas pekerjaan umum (DPU) terkait penataan jalan, saluran air, Ruang terbuka Hijau (RTH), Taman kota dan sebagainya.( Mufti Affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8995795910231550077

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::