Bupati: Kades Menjadi Tumpuan Melaksanakan Kebijakan .

-- --
Bupati Abdul Hafidz memberikan pembekalan kades baru se kabupaten Rembang
REMBANG- cbfmrembang.com, Kepala Desa dalam menjalankan tugas tidak boleh mengetahui dari salah satu Undang-undang  saja tetapi turunannya harus diketahui semua sehingga tidak salah dalam mengimplementasikan kebijakannya.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz mengatakan, saat pembekalan kepala desa baru sekabupaten Rembang, di lantai 4 gedung bupati, hari Rabu (21/3).

Bupati menyampaikan  kepala desa mempunyai dua tugas pokok yakni  kewajiban melindungi masyarakat,  bila  ada masyarakat berbenturan segera mendamaikan sebelum dilemparkan keaparat penegak hukum sehingga permasalahan cukup diselesaikan  ditingkat desa.

Demikian pula dalam soal kedinasan Kades  harus berpedoman pada UU desa peraturan pemerintah, perda maupun perbup  sebagai dasar untuk mengeksekusi proses  Undang-undang yang ada.

“,Kepala desa hendaknya mempelajari peraturan yang ada mulai dari peraturan paling atas berupa Undang-undang hingga peraturan paling bawah setingkat peraturan daerah / peraturan bupati. Sehingga jangan sampai hanya mempelajari Undang-undang saja tanpa membaca peraturan di bawahnya”, Ungkapnya

Hafidz menyebutkan tugas pemerintah sekarang ini telah bergeser dan harus bisa ditangkap oleh Kades, artinya kades sekarang ini menjadi tumpuan melaksanakan  kebijakan. 

“,Kita harus punya pemikiran dan komitmen terhadap desa jangan sampai punya pikiran uang didesa milik kades. tanggungjawab kades proses dan prosedur harus ada, jangan sampai ada masalah dikemudian hari”, Ujar Bupati 

Bupati mengatakan Namun sejauh ini  rata-rata  kades masih belum yakin bahwa dirinya  bisa menjalankan roda pemerintahan didesa  dengan benar karena masih ada rasa takut salah. 

Supaya mantap kades perlu diberikan bekal pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan, prosedur pencairan, pengawasan dan pemberdayaan. Semua nantinya memberikan arahan sesuai yang digariskan Undang-undang untuk dipatuhi. .

Sementara Pelaksana Tugas (PLt) Asisten Pemerintahan setda Rembang- Noor Effendy menjelaskan 43 kepala desa baru hasil pemilihan kepala desa (pilkades) akhir tahun 2016 lalu, mendapatkan pembekalan materi berupa manajemen pemerintahan desa, pengawasan pemerintahan desa, pengelolaan keuangan desa, pemberdayaan masyarakat desa dan penyusunan produk hukum di desa.

Dengan  pemateri  asisten pemerintahan, inspektorat, kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) dan bagian hukum setda Rembang.( Masudi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3668939930772048110

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::