Dumadining Lonthong Tuyuhan Tampil Di TMII.

-- --
Warga dukuh Sambikalung  desa Pamotan melestarikan ketoprak melalui sanggar kethoprak Sambi Budoyo.
REMBANG-cbfmrembang.com, Rombongan kesenian Ketoprak dari kabupaten rembang berencana akan tampil mengikuti lomba seni tradisional yang akan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di jakarta.

Menurut keterangan kepala  Dinas kebudayan dan pariwisata (Dinbudpar) Rembang Dwi Purwanto Penampilan grup kesenian Ketoprak dinbudpar ditunjuk mewakili jawa tengah tampil di teater tradisional Taman Mini tanggal 20 mei mendatang .

Kesenian Kethoprak dipilih karena merupakan ikon dari wilayah karisidenan Pati sehinga kesenian kethoprak dipilih untuk tampil di TMII”, Ungkapnya.

Dwi Purwanto menyebutkan Cerita  diambil dari legenda atau sejarah Jawa khusuSnya daerah Rembang . Para pemain kethoprak ini nantinya juga menggunakan pakaian khas tradhisional Jawa sesuai cerita yang akan dimainkan.  Dengan mengambil tema yang di angkat “Dumadining lonthong tuyuhan” dengan menampilkan  tokoh antagonis dan sebagainya.

Hal yang patut diacungi jempol nantinya wakil bupati Bayu Andriyanto juga akan ikut main dalam lakon tersebut bersama Kepala Dinbudpar.  Selain itu  para pemain juga mengadopsi  dari seniman dan seniwati Rembang.

“,Para seniman dan seniwati berasal dari rembang, lasem, sulang, sumber, berlatih  seminggu sekali setiap malam kamis di rumah dinas wakil bupati ”, Ujarnya.

Untuk Penulis skenario Cerita lakon Dumadining Lonthong Tuyuhan  dipercayakan oleh  Ki dalang Sigit  dibantu oleh seniman lainnya, dan ditarget mendapatkan juara pertama. Dengan penampilan kethoprak ini diharapkan bisa menumbuhkan generasi muda akan cinta budaya sendiri. (Mufti affandi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6738950601693155116

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::