Koramil Kaliori Manfaatkan Pekarangan

-- --
Anggota Koramil Kaiori optimalkan lahan pekarangan menjadi bermanfaat
KALIORI-cbfmrembang.com, Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan secara nasional, seperti tanaman padi, jagung maupun kedelai, Komando Resort Militer (Koramil) Kaliori juga  turut berperan aktif mengoptimalkan lahan pekarangan. Yakni dengan memanfaatkan, lahan di belakang koramil setempat ditanami tanaman sayuran atau tanaman obat-obatan dan dimanfaatkan untuk pemeliharaan ikan.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Kaliori- Kapten Infantri Wardiyana mengatakan, pemanfaatan lahan di belakang koramil dilatarbelakangi  dirinya prihatin melihat berita di televisi akhir-akhir ini harga kebutuhan pokok melambung tinggi, salah satunya  harga cabai. 

Sehingga untuk memenuhi kebutuhan anggotanya  maupun kebutuhan rumah tangga personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau Persatuan Istri Tentara (Persit) Kaliori, ikut berperan aktif  menanam cabai. Sebanyak 200 tanaman ditanam  dengan rincian di polybag 100 tanaman cabai rawit dan  100 tanaman cabai keriting ditanam ditanah. 

Danramil Kaliori menambahkan selain cabai, pihaknya juga menanam kacang  panjang, sawi, tomat, ketela pohon. Selain itu juga ditanam pohon obat seperti laos, kunir kuning, kunir putih, jahe merah, serai, kemangi dan kocai.

Danramil Kaliori mengungkapkan Koramil juga memanfaatkan lahan untuk pembibitan ikan dengan keramba seluas 6 kali 10 meter dengan jenis ikan yang dipelihara 200 ikan nila yang diperkirakan 2 bulan lagi akan dipanen.

Saat ini juga akan dicoba pembibitan ikan dari Balai Benih Ikan (BBI) kecamatan Pamotan berupa pembibitan ikan lele dan ikan gabus. Pihaknya saat ini juga mempersilahkan desa-desa di wilayah kecamatan Kaliori yang ingin mencoba. Dan Pihaknya siap membantunya. Untuk saat ini, pihaknya baru menguji coba di desa Babadan sebagai percontohan dengan dilengkapi  90 polybag.( Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4216573136389207079

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::