Pembatik Bersertifikat Di Rembang, Terus Bertambah

-- --
Salah satu peserta sertifikasi profesi batik yang digelar oleh LSP Batik 
REMBANG – cbfmrembang.com,  Komitmen pemerintah untuk melakukan sertifikasi pembati yang ada di Kabupaten Rembang dari hari ke hari kian terbukti. Sebanyak 23 pembatik dinyatakan lulus ujian Kompetensi yang digelar oleh Pemkab dengan menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Batik beberapa waktu yang lalu.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Rembang, Ir. Muntoha saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, dengan terus bertambahnya 23 pembatik yang bersertifikasi, menambah jumlah pembatik yang mengantongi sertifikat bertambah dan menjadi 106 orang.

Ia mengaku jika Dinas Perindustrian Perdagangan Koprasi dan UKM berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan serupa secara berkala. Pasalnya dengan sertifikasi pembatik, akan meningkatkan daya saing produk di pasaran, baik skala nasional dan internasiona.

"Dinas ini untuk mengembangkan produk dari pelaku usaha maka harus didorong dari sisi marketingnya. Nah agar marketing bisa jalan,kita beri strategi sertifikasi,perkenalan produk lewat fashion dan bentuk lainnya,"ujarnya.

Menurut Muntoha ada 5000 orang, yang diperkirakan menekuni profesi sebagai pengrajin batik yang ada di Kabupaten Rembang. Dia menyebut, jika masih banyak banyak pembatik yang masih mengharapkan partisipasi dari pemerintah, baik Kabupaten, Provinsi, maupun pusat.

Manajer Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Pfofesi Batik Rodia Syamwil mengungkapkan, peserta yang tidak lulus rata-rata disebabkan gagal pada karena terlihat kurang trampil dalam menggoreskan canting.  

Selain itu, dari aspek pengetahuan tentang batik juga kurang penentu seorang pembatik untuk dapat mengantongi sertifikat dari LSP Batik.

Dari 30 peserta yang mengikuti tes untuk mendapatkan sertifikat pembatik tahun 2017, hanya 23 peserta yang dinyatakan lolos dan mendapatkan sertifikat. Sementara tahun 2016, ada 83 orang yang juga lolos mengikuti kegiatan yang serupa. (  ASMUI  ) 

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6121726850786457943

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::