Pembuatan APBDes Tetap Utamakan Pemberdayaan Masyarakat

-- --
Sosialisasi Dana desa , ADD dan DBHPR di kecamatan Sumber
SUMBER-cbfmrembang.com, Berdasarkan Undang-undang (UU) nomer 6 tahun 2014 tentang desa, alokasi APBDes untuk pembangunan desa dan pemberdayaan desa. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Rembang mengajak kepada kepala desa untuk bisa membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dengan benar sesuai dengan aturan. 

  Hal itu dikatakan oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) kabupaten Rembang- Waluyo saat sosialisasi Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi (DBHPR), di aula kecamatan Sumber, baru-baru ini.

Waluyo mengatakan berdasarkan Undang-undang  nomer 6 tahun 2014 tentang desa, pembuatan APBDes jangan hanya diprioritaskan membangun infrastruktur maupun sarana prasarana desa saja, tetapi juga mengutamakan pemberdayaan masyarakat desa dengan membuat Sarana Olah Raga Desa (Sorda), pengelolaan produk unggulan desa, maupun produk unggulan kepala desa.

Waluyo menghimbau apabila dalam penyusunan APBDes masih ada kekurang pahaman bisa berkoordinasi dengan pihak kecamatan setempat atau ke Dinpermasdes kabupaten Rembang. 

Sementara Camat Sumber- Heriyono menjelaskan  dana desa (DD)  yang diterima 18 desa di wilayah kecamatan Sumber jumlah totalnya mencapai 14,3 Milyar rupiah lebih. Dimana desa penerima terbanyak desa Tlogotunggal senilai 836 juta rupiah lebih dan desa penerima terkecil desa Megulung senilai 766 juta rupiah lebih.

Sedangkan ADD yang diterima 18 desa di wilayah kecamatan Sumber jumlah total mencapai 5,9 milyar rupiah lebih. Dimana desa penerima terbanyak desa Sekarsari senilai 483 juta rupiah lebih dan desa penerima terkecil desa Kedungtulup senilai 216 juta rupiah lebih.

Sementara DBHPR yang diterima 18 desa di wilayah kecamatan Sumber Jumlah total mencapai 1,8 milyar rupiah lebih. Dimana desa penerima terbanyak desa Sumber senilai 24 juta rupiah lebih dan desa penerima terkecil desa Megulung senilai 16 juta rupiah lebih.( Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6592020588868033017

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::