Penambahan Lahan TPA, Pemkab Masih Mengalami Kendala

-- --
TPA Landoh
REMBANG - cbfmrembang.com, Rencana penambahan lahan sebagai tempat pembuangan akhir atau (TPA) sampah, Dinas lingkungan hidup masih terkendala permasalahan pembebasan lahan.Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang Purwadi Syamsi.    

Menurutnya, meski sudah ada lahan seluas 3 sampai 4 hektar di Kecamatan Sedan, Purwadi mengaku belum ada jalan akses untuk menuju lahan tersebut.

Selain itu, jarak yang cukup jauh dan melewati perkampungan yang membuat Dinas Lingkungan Hidup hingga sekarang masih belum mengoptimalkan lahan tersebut untuk membantu menangani permasalahan kekurangan lahan untuk pembuangan sampah di Kabupaten Rembang. 

"Ya kalau lahan disana itu kan belum ada jalan sebagai akses masuk ke sana. Sementara itu jika harus masuk kesana itu melewati banyak tanah warga" jelasnya.

Purwadi menyebut lahan TPA yang ada di Desa Landoh Kecamatan Sulang saat ini luasnya hanya berkisar 3 hektar. Sementara kebutuhan lahan, sebagai tempat pembuangan sampah, adalah 5 hektar. 

"Ia memang lahan yang ada baru sekitar 3 hektaran mas, kalau kebutuhan kita harusnya itu 5 hektar. Kalau biaya untuk pembebasan lahan ada. Saya kira pemkab akan segera suport dana karena ini kebutuhan" terangnya.

Sementara Penolakan dari warga Dukuh Desa Sidorejo Kecamatan Sedan, terkait rencana pemerintah Kabupaten Rembang, untuk menambah jumlah lahan tempat pembuangan akhir sampah masih terlihat.

Di account media sosial milik humas pemkab Rembang, salah seorang mengaku mewakili warga setempat menuliskan, keberatan jika TPA ditempatkan di Dukuh Mbojo Desa Sidomulyo Sedan.

"yth pak bupati dan wakil nya , saya mewakili masyarakat dukuh mbojo desa sidomulyo sedan rembang , tolong batalkan keinginan pemerintah untuk menjadikan desa kami sebagai tempat pembuangan sampah (TPS) , kami masyarakat gak rela dan gak ridho ,krn dampak nya sangat besar sekali terhadap linkungan kita , atas perhatian nya kami ucapkan banyak trimakasih" yang tertulis dalam Account facebook. (  ASMUI  )





Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2814242920478685402

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::