Pengajuan APBdes Tidak Hanya Bersifat Operasional

-- --
Kegiatan Musrengbang dikecamatan sumber
SUMBER-cbfmrembang.com, Pemerintah kabupaten Rembang menghimbau pemerintah desa dalam membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja desa (APBDes) supaya tidak bersifat operasional (honor). Namun bisa dialokasikan untuk pembangunan desa dan pemberdayaan desa.

Kepala bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Rembang- Sugiarto mengatakan kepala desa dan perangkat desa harus belajar memahami tentang perencanaan. Harapannya jika pemerintah desa mengusulkan pembangunan fisik hendaknya bisa membuat Rancangan Anggaran Belanja (RAB) dengan  gambaran sederhana. 

Sugiarto menambahkan berdasarkan pantauannya pemerintah desa masih lemah dalam perencanaan, pelaksanaan kegiatan yang benar dan pelaporan.  Pasalnya laporan semesteran dari desa ke kabupaten belum seluruhnya diterima kabupaten.

Dijelaskan,  dalam membuat APBDes hendaknya memakai rumusan 4 tepat yaitu tepat mutu/ kualitas, tepat waktu, tepat administrasi dan tepat sasaran /manfaat. Karena pelaksana kegiatan harus bertanggungjawab terhadap 3 hal yaitu bertanggungjawab atas fisik yang dikerjakan, bertanggungjawab atas keuangan yang dibelanjakan dan bertanggungjawab atas fungsi (kegunaan bangunan /kegiatan) yang sudah jadi.( Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8359083489724014721

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::