Rajut Kota Tua Lasem Bentuk Master Plan Destinasi Wisata.

-- --
Omah londo menjadi daya tarik wisatawan
LASEM-cbfmrembang.com, Kecamatan Lasem saat ini telah menjadi daya tarik wisata di kabupaten Rembang. Karena letak geografisnya kaya akan potensi  wisata baik wisata pantai, wisata alam, wisata religi maupun wisata peninggalan sejarah .

Camat Lasem Harjono mengatakan,  agar dapat menjadi daya tarik menjadi kota wisata, segala potensi yang dimiliki di wilayah Lasem perlu dirajut dalam  master plan destinasi wisata.

Yakni segala potensi wisata yang dimiliki dimunculkan dan dirajut menjadi destinasi wisata,  langkah ini akan memberikan beberapa keuntungan diantaranya memudahkan merketnya terutama bisa mudah di promosikan, mudah penganggaran dan menjadi pusat CSR. 

Guna mendukung program tersebut Pihak kecamatan telah menggiatkan  program gotong royong ditengah masyarakat melalui kebersihan dan pengolahan sampah dilingkungan setiap 15 hari sekali ,melakukan Program tertib administrasi ditiap desa dan melakukan pembinaan dan pengawasan masyarakat . 

Sementara itu kepedulian terhadap aset sejarah juga diwujudkan  oleh pemilik omah londo Soebagio Soekidjan, pria berumur 55 tahun ini mengatakan, omah Londo merupakan bangunan antara tahun 1.700an hingga 1.800an. Rumah ini baru dibelinya 4 tahun lalu untuk penginapan sementara bagi keluarga yang pulang ke Lasem. 

Pria asli desa Sumbergirang itu menjelaskan bangunan Omah Londo itu banyak yang menawar untuk membelinya, namun dirinya tidak mau menjual mengingat omah Londo merupakan salah satu bangunan bersejarah, sehingga digunakan untuk pelestarian sejarah dan bisa dinikmati masyarakat umum. 

Soebagio Soekidjan mengungkapkan, dirinya mempersilakan bagi organisasi atau lembaga lainnya untuk menggunakan bangunan bersejarah itu. Bahkan sebagai bentuk kepedulian pemerintah kabupaten Rembang terhadap pelestarian dan promosi wisata, pada tahun 2016 lalu, omah Londo digunakan sebagai tempat Lasem Interaktif Festival (LIFE) bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Be Kraf) dari Jakarta.( Masudi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8482912666733277371

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::