Setting Destinasi Wisata Berbasis Budaya.

-- --
Kawasan rumah Pecinan di Lasem bisa menjadi destinasi wisata menarik bagi wisatawan 
REMBANG-cbfmrembang.com, Kepala Dinas kebudayaan dan pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang Dwi Purwanto berharap hasil dari sarasehan permuseuman dan kepurbakalaan di Rembang yang mengundang pegiat pariwisata di jawa tengah dan berbagai stake hiolder,seperti  guru sejarah dan budayawan bisa merumuskan terkait suaka purbakala di Rembang khususnya.

Dwi Purwanto mengungkapkan dari hasil sarasehan ini ada beberapa hal menarik yang nantinya bisa diakomodir  kebudayaan di Rembang dalam suatu wadah. Dalam hal ini mereka bisa ditampilkan dalam event-event tertentu. Untuk bisa mengapresiasikannya tentu  semua budayawan  memerlukan wadah mengapresiasi kemampuannya  baik dari  seni lukis, tari, pedalangan dan budaya lainnya.

Salah satu  agendanya  adalah  adanya kegiatan senin pahingan di museum RA  Kartini sesuai kelahiran (jumenengan) RA Kartini. Dalam acara ini nantinya akan ditampilkan potensi budaya yang ada di Rembang.

Demikian pula hasil dari sarasehan tersebut diharapkan mendapatkan rumusan  kompreshensif  yang matang terkait cagar budaya yang ada di Rembang . Utamanya bisa kita lindungi dan kembangkan sebagai salah satu destinasi wisata di sektor kebudayaan.

Salah satunya adanya rumah-rumah  kuno yang ada di Lasem seperti  rumah londo rumah ijo, rumah abang, Rumah Candu, Pasujudan sunang bonang,  situs Terjan maupun  adanya museum RA kartini .

“,cagar budaya adalah  sesuatu dilindungi dan dikembangkan. Kedepan kita setting destinasi wisata di sektor pariwisata dengan berbasisi budaya yang ada di rembang”,Imbuhnya

Untuk mengimplementasikannya lanjut dwi Purwanto Dinas kebudayaan dan Pariwisata  sejauh ini masih menemui Kendala. Terutama  selama ini walaupun perda sudah ada namun belum ada tindaklanjut secara tehnis adanya perbup,  apabila sudah bisa diwujudkan tentungnya bisa langsung dirumuskan dan bisa dieksekusi dilapangan.( Mufti affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 3587875225350471311

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::