Kuat Dugaan, Masih Banyak Koin Kuno Terkubur Di Meteseh Dan Sekitarnya

-- --
Lokasi tempat penemuan ribun kepeng kuno di Kecamatan Kaliori yang di tinjau polisi setempat (foto:cbfmrembang.com)
KALIORI - cbfmrembang.com, Pasca ditemukannya ribuan keping koin kuno di Desa Meteseh, yang diperkirakan merupakan uang mas pada zaman dulu, banyak warga desa setempat menduga -  duga, masih banyak koin serupa yang terpendam di wilayah desa tersebut.

Menurut Suko, salah seorang tokoh pemuda setempat menjelaskan, jika masih ada ribuan koin yang masih terpendam. Ia membeberkan, beberapa tahun yang lalu, ada seorang warga pernah menggali tanah dan menemukan ribuan koin kuno seperti yang ditemukan oleh Padiman salah seorang pengrajin batu bata asal Desa Mojorembun yang belakangan ini ramai diperbincangkan.

Menurutnya, diwilayahnya banyak cerita bersejarah mulai para wali, kerabat kejaan, yang melatar belakangi adanya temuan koin kuno, sebagai bagian dari sisa-sisa sejarah yang terpendam.

Suko menyebut, karena tempat terpendamnya ribuan koin itu termasuk kawasan mistis, yang membuat warga takut untuk mengambil benda itu, dan memilih mengembalikan dengan mengubur koin tersebut seperti semula.
Suko mengaku tak heran jika ada temuan kepingan koin, lantaran sebelumnya sudah pernah ada ditemukan barang dengan jenis yang sama. Pasca adanya temuan oleh Padiman, cerita tersebut kini kembali teringat dibenak masyarakat sekitar.

"Sebetulnya masih ada koin lagi yang seperti itu disini. Karena dulu pernah ada seorang warga yang menggali tanah untuk dibuat WC, menemukan koin seperti itu. Karena tempatnya termasuk angker, jadi dikubur lagi" jelasnya.

Sebelumnya, seorang pengrajin batu bata merah Padiman (60), asal Desa Mojorembun Kecamatan Kaliori menemukan ribuan keping uang kuno tanah turut Desa Meteseh. 

Ia menemukan kepeng kuno itu di sawah milik Giyono di Desa Meteseh pada Senin (27/3/2017) sekitar pukul 15.00 WIB. Padiman mengaku menemukan barang tersebut saat mencangkul tanah untuk membuat lobang sedalam satum meter sebagai tempat adonan batu bata. Penemuan tersebut sontak membuat ia menjadi buah perbincangan warga sekitar.

Saat ini pihak Polsek Kaliori sudah menita temuan tersebut, yang selanjutnya akan diserahkan kepada dinas Kebudayaan Kabupaten Rembang. ( ASMUI )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5767209689766586914

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::