Pasca Kasus Mbah Sarman, Menag Petakan Biro Umroh

-- --
Shalahudin kasi haji dan umroh Menag Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Masih ingatkah kita dengan kasus mbah Sarman (78) seorang jamaah asal Desa Turusgede yang terjerat kasus dugaan asusila di Arab Saudi, dan baru pulang ketanah air beberapa minggu yang lalu.

Kementrian agama Kabupaten Rembang mengaku tengah memetakan sejumlah biro umroh resmi yang terdaftar di Indonesia.

Menurut pengakuan Kasi Haji dan Umroh Kemenag Rembang, Shalahudin menjelaskan, terkait kepulangan mbah Sarman, pihaknya mengaku tidak mendapatkan kabar yang jelas.

Pasalnya, tidak ada kebijakan untuk memberikan laporan setiap aktifitas yang dilakukan oleh setiap biro kepada pihaknya yang mengampu haji dan umroh di Rembang.

" Kami tidak tau kapan kepulangan mbah Sarman mas, memang mereka tidak punya kebijakan untuk memberikan laporan kepada kami" jelasnya.

Ia juga menambahkan, jika ada kebijakan baru yang di keluarkan oleh Kemenag Pusat, terkait prosesi ibadah haji umroh. Diantaranya, paspor calon jamaah harus berdasarkan sepengetahuan kementrian. Selain itu, pihak kementrian berhak memberikan rekomendasi kepada calon jamaah umroh yang akan berangkat ke tanah suci. 

"Jadi ada kebijakan yang baru dari kementrian pusat. Diantaranya, paspor calon jamaah harus berdasarkan sepengetahuan kementrian agama. Dan yang kedua kami memberikan rekomendasi biro umroh resmi yang ada di Indonesia " bebernya.

Menurut data yang disampaikan oleh kementrian agama Kabupaten Rembang, ada 700 biro umroh yang resmi di tanah air, yang dapat digunakan untuk mengantar perjalanan ke baitullah.

Hal tersebut dimaksudkan untuk melindungi para jamaah Indonesia jika terkena kasus, seperti yang dialami mbah Sarman asal Desa Turusgede.

Shalahudin juga berbesan, agar memilih biro umroh yang dapat dipercaya. Diantaranya, dengan mengetahui apakah biro tersebut izin oprasinya masih berlaku, dan juga rekam jejak yang baik dalam pelayanan.

Selain itu informasi biro umroh yang resmi juga dapat diperoleh dari kementrian agama yang ada di Kabupaten Rembang. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6212352318507903268

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::