Peringati HKP, BPBD Gelar Simulasi Bencana

-- --
Kepala BPBD Rembang, Suharso saat memeberikan pemahaman dihadapan para peserta simulasi. (foto:cbfmrembang.com)
REMBANG - cbfmrembang.com, Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) Kabupaten Rembang mengelar simulasi kesiapsiagaan penanggulangan bencana digedung Setda Rembang. Acara yang digelar pada hari Rabu (26/04/2017) saat jam kerja itu, membuat para pegawai yang ada kantor pusat pemerintahan berhamburan keluar, ketika mendengar suara sirine tanda bahaya.

Menurut keterangan Kepala BPBD Rembang Suharso, kegiatan tersebut sebagai testimoni kesiapsiagaan para pekerja yang ada di kantor pusat pemerintaha saat menghadapi suasana bencana. Mulai sara keamanan, dan jalur evakuasi, mengingat gedung setda Rembang sebagai objek fital pemerintah daerah.

Ia juga menjelaskan, jika sarana kesiapsiagaan yang ada di gedung dinilai cukup baik. Tetapi kata Suharso masih perlu penambahan. Diantara, Hydrant meski sudah ada, dan juga alat Pemadam Kebakaran (APAR), meski jumlahnya masih terbatas.

"Kalau standarnya kesiap siagaan sudah cukup bagus, tetapi ada beberapa hal yang perlu dibenahi, mulai jalur evakuasi, dan jumlah alat pemadam kebakaran" jelasnya.

Suharso menambahkan, jika idealnya setiap satu lantai tersedia tiga apar. Jika empat lantai, maka, jumlah apar yang harus disediakan adalah  12 tabung kecil ukuran standar.

Sesuai dengan amanah undang-undang no 24 tahun 2007, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB). 

Hari Kesiapsiagaan Bencana akan diperingati secara nasional di seluruh daerah Indonesia. Pada tanggal tersebut, setiap daerah akan melaksanakan simulasi kesiapsiagaan bencana. Sejak ditetapkan pada tahun ini, pada tahun selanjutkan akan terus diperingati untuk menambah wawasan kebencanaan dan kesiapsiagaan. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 344199332003869011

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::