Temuan Uang Koin Diperkirakan Masa Dinasti Song Utara

-- --
Temuan uang kuno
KALIORI-cbfmrembang.com, Uang koin yang ditemukan oleh warga desa Mojorembun, kecamatan Kaliori- Padiman beberapa waktu lalu mulai ada titik temu. Pasalnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) kabupaten Rembang telah melakukan kajian penelitian.

Kepala bidang kebudayaan Dinbudpar kabupaten Rembang- Mutaqin mengatakan dari sampel yang diambil hasil penelitian Dinbudpar sementara diperkirakan , uang koin temuan itu dibuat pada masa  Dinasti Song Utara  di masa kekuasaan Raja Yuan Yu Tong Pao tertulis sekitar tahun 1086-1093 Masehi, kemudian ada salah satu sampel dari lima Dinasti. 

Mutaqin menambahkan dalam waktu dekat pihaknya juga akan membawa uang koin kuno itu ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) untuk mengetahui kepastian bahan pembuatan uang (emas, perak atau tembaga) dan kandungan di dalamnya.

",Dinbudpar segera meembawa sampel uang koin kuno ke Balai pelestarian cagar budaya untuk mengetahui kepastian bahan pembuatan uang kuno tersebut," Jelas Mutaqin,

Sebelumnya, seorang pengrajin batu bata merah Padiman (60), asal Desa Mojorembun Kecamatan Kaliori menemukan ribuan keping uang kuno ditanah turut Desa Meteseh. 

Padiman menemukan kepeng kuno itu di sawah milik Giyono di Desa Meteseh pada Senin (27/3) sekitar pukul 15.00 WIB. Padiman mengaku menemukan barang tersebut saat mencangkul tanah untuk membuat lobang sedalam satu meter sebagai tempat adonan batu bata. Penemuan tersebut sontak membuat ia menjadi buah perbincangan warga sekitar.

Oleh pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Kaliori uang koin yang sudah berpindah tangan dari rongsok ke rongsok disita. Selanjutnya diserahkan kepada Dinbudpar Kabupaten Rembang.(Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 686358369368199813

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::