Asuransi Usaha Tani Padi Untungkan Petani

-- --
Bupati Abdul hafidz secara simbolis menyerahkan kartu asuransi usaha tani Padi kepada petani
REMBANG-cbfmrembang.com,Pada Rabu (10/5/2017) ada yang beda di kegiatan apel pagi lingkup Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, tak hanya dipimpin oleh Bupati Abdul Hafidz namun di kalangan peserta juga terlihat orang luar dari instansi tersebut. Mereka adalah perwakilan warga khususnya petani yang diagendakan secara simbolis menerima aneka program bantuan penguatan sektor pertanian di wilayah setempat.

Dalam amanatnya Bupati Abdul Hafidz diantaranya mengatakan sektor pertanian memang dilematis khususnya terkait hasil panen, jika dijual mahal maka konsumen mengeluh dan sebaliknya bila dipatok harga murah tentu diprotes oleh para petani. Kondisi yang cukup pelik tersebut pastinya menjadi fokus perhatian pemerintah dan dicarikan solusi terbaik untuk semua pihak.

Lanjut Bupati Abdul Hafidz salah satu yang diprogramkan pemerintah untuk kalangan petani yaitu keikutsertaan dalam asuransi usaha tani padi (AUTP) guna menjaminkan tanaman padi yang ditanam dan peternak sapi. Terobosan untuk menguntungkan petani andai gagal panen karena ada perlindungan finansial yang telah dikeluarkan untuk digunakan menjadi modal kerja pada musim tanam berikutnya. 

Usai apel dilanjutkan penyerahan polis AUTP secara simbolis kepada perwakilan peserta program asuransi tersebut dan penerima aneka bantuan alat mesin pertanian serta bibit tanaman produktif pengadaan tahun anggaran 2017. Antara lain traktor roda 2 dan 4, rice transplanter, pompa air, brigade alsintan pasca panen, jaringan irigasi tingkat usaha tani, embung, perpipaan dan benih cabe serta bawang merah.

Terpisah Kakung Winarno warga Desa Joho Kecamatan Sale, penerima secara simbolis polis AUTP ketika ditemui menyebutkan biaya yang dikeluarkan untuk keikutsertaan dalam program asuransi tersebut sangat murah karena ada subsidi dari pemerintah. Alasan dirinya mendaftar tak lain karena saat ini cuaca tak menentu sehingga dikhawatrikan berdampak pada panen tanaman padi dan ada penjaminan untuk ganti rugi jika gagal panen. 

Pemerintah pusat melalui Kementerian terkait meluncurkan AUTP dan asuransi usaha ternak sapi (AUTSI) guna menjamin kelancaran usaha menggeluti budidaya pertanian dan peternakan. Hanya saja untuk klaim asuransi jika terjadi gagal panen atau tenak sapi mati tentunya harus mengacu ketentuan yang berlaku dan sudah terbagi dalam beberapa kriteria. ( heru budi s )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 1230944780871534241

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::