Bulan Bakti, PKK Ajak Gotong Royong Tak Hanya Jadi Slogan

-- --
Arakan hasil bumi menjadi rebutan warga 
LASEM - cbfmrembang.com, Peringati bulan bakti, Tim Penggerak PKK Rembang, mengajak warga masyarakat untuk mewujudkan gotong royong tak hanya menjadi slogan saja .Hal itu tertuang pada tema pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV dan Hari Kesatuan Gerak  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK ) ke 45 di lapangan Desa Soditan Kecamatan Lasem, Kamis (18/5/2017).

Dalam sambutanya, Ketua TP PKK Kabupaten Rembang, Hj Hasiroh Hafidz menambahkan tujuan dilaksanakannya kegiatan peringatan BBGRM dan HKG PKK dalam meningkatkan kepedulian dan peran masyarakat dalam pembangunan berdasarkan semangat kebersamaan, dengan sikap gotong royong. 

"Tema yang diangkat tahun ini “Dengan gotong royong perkuat solidaritas sosial dan transparansi menuju Rembang madani” jelasnya.

Dalam kegiatan tahun ini, digelar berbagai macam lomba yang diantaranya, pidato antar PKK tingkat desa, lomba penyuluhan,lomba tari daerah serta lomba evaluasi 10 program pokok PKK, lomba evaluasi 10 program pokok PKK tingkat Kecamatan dan lomba usaha peningkatan pendapatan keluarga.

Sebelum kegiatan seremonial dimulai linmas mengarak gunungan yang berisi sayur-sayuran, palawija dan jajanan yang diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati Bayu Andriyanto, Ketua TP PKK Kabupaten Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Vivit Dinarini, Forkopimda, Forkopimcam, Kepala Desa se Kecamatan Lasem. Setelah Forkopimda melepas burung dara gunungan langsung diperebutkan warga dan pelajar di lokasi.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz, dalam sambutannya mengajak agar gotong royong tak hanya menjadi slogan, tetapi harus ada aksi nyata yang menunjukkan kebersamaan masyarakat untuk tujuan sebuah pembangunan. 

Ia menambahkan, budaya gotong royong cukup penting, jika ditinggal masyarakat, dinilai membahayakan bagi kelangsungan bangsa dan negara. Ia menyebut, budaya itu saat ini sudah mulai ditinggalkan, utamanya pada daerah perkotaan.

“Di era globlalisasi ini teknologi memang sangat penting, namun budaya yang sudah tertanam baik tidak boleh dilupakan salah satunya gotong royong. Maka melalui pencanangan bulan gotong royong ini saya minta kepada semua elemen masyarakat kabupaten Rembang untuk bisa saling membantu, bahu membahu dan saling menghormati,”ujarnya.

Sebelumnya, juga ada pawai linmas mengarak gunungan yang berisi sayur mayur, palawija serta hasilbumi lainnya. Tak lupa jajanan pasar juga menjadi pelengkap hiasan yang menambah keindahan serta kebersamaan warga setempat.

Usai dilepas oleh bupati Rembang bersama wakil, dengan disaksikan pejabat yang hadir, gunungan itu menjadi rebutan warga dan para pelajar yang menyaksikan momen itu. (  ASMUI  )
Reaksi: 

Berita Terkait

Sosial 5779774317313834635

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::