Bupati: Ada indikasi Penyimpangan PNPM

-- --
Secara simbolis Bupati Rembang- H. Abdul Hafidz serahkan bantuan sembako kepada warga kecamatan Kaliori 
KALIORI-cbfmrembang.com, Bupati Rembang selaku Pengawas eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mengatakan saat ini disinyalir ada indikasi dan gejala ke arah penyimpangan. Tanda-tandanya adalah tidak transparansinya administrasi dan meningkatnya kemacetan dana Simpan Pinjam khusus Kelompok Perempuan (SPP). 

Hal itu disampaikan, dalam kegiatan Penyerahan bantuan dana sosial surplus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) kecamatan Kaliori, di pendopo kecamatan Kaliori baru-baru ini .

Bupati  mengharapkan pelanggaran pada program bersangkutan cukup di kecamatan Sumber dan Sluke saja. Jangan sampai menyebar ke kecamatan lainnya, meskipun penyaluran dana PNPM dihentikan pada tahun 2014, tetapi kelanjutan program perguliran harus dikelola dengan baik,  karena uang negara. Maka barang siapa yang melakukan penyimpangan  akan berhadapan dengan hukum.

Camat Kaliori- Mustholih selaku pembina UPK menuturkan dana sosial yang disalurkan senilai 175,5 juta rupiah lebih atau 15 persen dari surplus dana UPK tahun 2016 senilai 1,1 milyar rupiah lebih. ssampai tahun 2016 ini aset dana perguliran mencapai 8,4 milyar rupiah lebih. Sedangkan awal Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sebesar  3 milyar rupiah. 

Ketua BKAD kecamatan Kaliori- Zainudin menerangkan pihaknya telah membagikan dana sosial berupa sembako kepada 1.318 pemanfaat dari 18 desa sekecamatan Kaliori kecuali desa Tambakagung, Karangsekar, Babadan dan desa Pengkol.

Selain itu dana sosial juga diwujudkan dalam bentuk bea siswa bagi siswa madrasah diniyah kepada 597 pemanfaat di desa Tambakagung, Sidomulyo, Sambiyan, Mojowarno, Dresi Kulon, Karangsekar, Babadan dan desa Pengkol.

Sedangkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak 304 pemanfaat dari desa Mojowarno, Dresi Kulon, Dresi Wetan, Pengkol dan desa Kuangsan. (Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Pemerintah 6314876651955569512

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::