Dipantau Bupati, Siswa SMP Lebih Suka UNBK

-- --
Bupati Rembang Abdul Hafidz saat meninjau ujian di SMK NU Lasem
LASEM - cbfmrembang.com, Dari hasil pantauan yang dilakukan secara langsung oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz bersama SKPD terkait, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) lebih diminati para siswa SMP dan MTs dibandingkan dengan Ujian Nasional yang menggunakan Kertas dan pensil (UNKP).

Pengakuan tersebut, didapat pada setiap sekolah, saat melakukan pantauan pada Rabu (03/05/2017) kemarin.  Disetiap sekolah, Abdul Hafidz memberikan pertanyaan kepada para siswa, pilihan antara UNBK dan UNKP. Dari pertanyaan tersebut, rata-rata setiap siswa lebih memilih UNBK ketimbang UNKP.

Bupati berharap pada tahun 2018, seluruh SMP maupun MTs sudah melaksanakan UNBK sesuai dengan instruksi dari Kementerian Pendidikan.

Pemerintah Kabupaten Rembang berjanji, tengah menyiapkan sarana dan prasarananya pendukung UNBK, pada APBD Perubahan 2017.

“Dari hasil tanya-tanya tadi, kurang dari lima persen siswa cenderung memilih manual selebihnya memilih pakai komputer. Mungkin yang memilih melaksanakan ujian secara manual itu karena siswanya belum terbiasa menggunakan komputer,” katanya.

Muhammad syaifudi, salah satu siswi SMP Negeri 2 Kaliori mengaku lebih senang mengerjakan ujian dengan menggunakan komputer. Menurutnya, dalam ujian nasional berbasis komputer, banyak sekali kemudahan yang didapatkan oleh siswa melalui sistem yang dibangun secara online.

“Kalau pakai kertas dan pensil seperti tahun lalu, ngisi form identitas saja butuh waktu lama, karena perlu menghitamkan dulu. Dengan online kan jadi cepat” ujarnya.

Menurut data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Rembang tercatat, 33 SMP dan MTs, yang mengadakan UNBK, meskipun sebagian harus numpang disekolah SMK yang mempunyai fasilitas komputer. Sementara 62 sekolah serupa masih mengadakan ujian dengan menggunakan kertas dan pensil.

Meski ada satu siswa SMP NU Lasem, yang tak hadir karena sakit dan dipastikan akan mengikuti ujian susulan, pada umumnya ujian yang digelar di Rembang, berjalan lancar.  (  ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3928945869270564393

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::