Hafidz Minta Jaga Kesopanan Selama Berhaji

-- --
Manasik haji yang dilaksanakan di pendapa museum RA Kartini Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Jemaah haji diharapkan tidak hanya melakukan ibadah manasik saja. Namun harus memperhatikan norma kesopanan dan tata krama dengan sesama jemaah haji selama berada di tanah suci. 

Hal itu dipesankan oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz dihadapan peserta manasik Haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Jum’at (19/5). 

Menurutnya, warga negara Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang kental dengan adat ketimuran, maka dari itu, jamaah haji harus mampu menjunjung tinggi norma kesopanan.

“Kami harap jemaah haji bisa menjaga nama baik Indonesia di tanah suci,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, syari’at Islam memang harus dipatuhi, dan tak boleh diingkari. Namun sebagai warga negara Indonesia harus melengkapi hal itu dengan norma kesopanan sebagai pelengkapnya. 

“Sebagai contoh aurat laki-laki itu dari pusar hingga lutut. Namun untuk menjaga kepatutan bermasyarakat, maka dalam beribadah hendaknya juga ditutup sebagian besar tubuh lainnya,” katanya.

Sebagai duta bangsa, jemaah haji harus tahu dan menaati segala aturan pemerintah Arab Saudi. Utamanya, bagi jemaah yang sudah pernah berhaji. 

“Meskipun Saudara sudah berhaji dan sudah tahu tata caranya, namun harus tetap menaati aturan pemerintah tentang berhaji dengan mengikuti manasik haji,” tandasnya. (Mufti Affandi)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5478928931598910042

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::