Harga Bawang Putih Melonjak Paling Tajam

-- --
Harga Sembako di pasar kota Rembang mulai merangkak naik menjelang Ramadhan
REMBANG-cbfmrembang.com, Menjelang bulan Ramadhan sejumlah bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga. Namun demikian di pasar Rembang kenaikan harga masih pada batas wajar hanya bawang putih yang melonjak paling tajam dibanding yang lain.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan seperti cabe merah semula Rp.25 ribu perkilo naik menjadi Rp.32 ribu. Telur ayam dalam empat hari ini naik dari harga Rp.19 ribu perkilo naik Rp.20 ribu kemudian saat ini Rp. 21 ribu. 

Untuk bawang putih kating yang semula Rp. 50 ribu perkilo melonjak cukup signifikan di kisaran Rp.60 ribu.Sedangkan komoditas minyak goreng,beras,daging ayam kampung dan gula di Rembang masih stabil.

Judi salah satu pedagang Sembako menyebutkan untuk harga minyak goreng curah masih stabil di harga Rp.11 ribu begitu juga beras dan gula. Namun khusus Bawang putih kating sudah mengalami kenaikan sejak beberapa minggu yang lalu.

Sementara pedagang lain Juwari mengatakan. Kenaikan harga dalam sebulan ini yang cukup melonjak tajam adalah bawang putih cating,sebelumnya Rp 43 Ribu per kilo naik menjadi Rp. 60 ribu pekilo Untuk bawang  biasa juga mengalami kenaikan menjadi Rp 50 ribu  sebelumnya sekitar Rp.36 ribu per kilo. 

Kenaikan harga ini menurut Juwari tergantung stok di petani, apabila menipis  harga bisa melonjak, sebaliknya stok melimpah otomatis harga turun. Biasanya  menjelang ramadhan  akibat permintaan yang melonjak otomatis   harga sembako ikut merangkak naik 

Kasi Distribusi Perdagangan Dinperindakop dan UMKM Rembang Muhammad Sjahab mengatakan pihaknya akan melakukan monitoring harga untuk memantau kenaikan harga. Jika diketahui ada kenaikan harga yang signifikan maka tindakan akan diambil diantaranya pasar murah. 

Untuk agenda rutinnya nanti menjelang lebaran Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM akan menggelar pasar murah. Pihak swasta akan digandeng untuk meramaikan pasar murah tersebut sehingga bisa menekan kenaikan harga. ( Mufti Affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 4368830989258848680

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::