Hujan Pembuatan Garam Menjadi Tertunda

-- --
Petani tambak asal desa Mojowarno- Sugiyo sedang mengisi tambak dengan air dari laut
KALIORI-cbfmrembang.com, Mulai pertengahan bulan Mei yang diprediksi Petani garam di wilayah kecamatan kaliori sudah memasuki musim kemarau, ternyata meleset karena dalam minggu ini justru diguyur hujan. Padahal pada bulan mei tersebut  petani tambak sudah mulai melakukan  proses pembuatan garam.
  
Salah satu petani tambak asal desa Mojowarno Sugiyo mengatakan, turunnya hujan  menjadikan masa pembuatan garam tertunda dan  molor. Apabila cuaca kembali normal pembuatan garam sudah bisa dimulai lagi.

“,karena ada hujan pembuatan garam terpaksa molor dan kembali ke nol lagi. Petani masih menunggu cuaca normal kembali hingga 10 hari kedepan”, Katanya.  

Sugiyo mengungkapkan bila cuaca normal, untuk proses pembuatan garam membutuhkan waktu 25 hari, namun karena masih terkendala turunnya hujan diprediksi membutuhkan waktu lebih lama sekitar 40 hari.

Sugiyo menambahka, proses pembuatan garam miliknya di petak tambak seluas 1/4 hektar ini telah dikerjakan 15 hari, namun tertunda dan molor dari jadwal karena minggu ini wilayah rembang diguyur hujan.

Hal senada juga disampaikan petani tambak asal desa Dresi Kulon- Jamal, diakui dengan adanya hujan terpaksa Ia menghentikan proses pembuatan garam karena cuaca masih tidak menentu.  

Selama ini Ia telah mengeluarkan biaya untuk memproses pembuatan garam tetapi hasilnya masih nihil. Proses pembuatan garam akan dilanjutklan kembali apabila cuaca benar-benar sudah normal.

Jamal mengungkapkan tambak garam seluas 1/2 hektar ini menjadi harapan bisa menjadi penghasilan keluarga sebelum lebaran tiba. 

Berdasarkan informasi cbfm harga garam saat ini telah mencapai 2.700 rupiah per kilogramnya.(Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Pertanian 3094023568434586558

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::