Menjelang Ramadhan Dintanpan Pantau Harga Pangan

-- --

Dintanpan melakukan pantauan kesehatan daging menjelang ramadhan di pasar Rembang 
REMBANG-cbfmrembang.com, Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) kabupaten Rembang menjelang bulan Ramadhan hari selasa (23/5) melakukan pemantauan harga bahan pangan hasil pertanian dan peternakan.di pasar Rembang, 

Hasil dari pemantauan, komoditas harga- harga belum ada gejolak atau relative stabil, begitupun stok barang. Seperti untuk sayur mayur, bawang merah dan putih, cabai dan lainnya, daging ayam, telur, daging sapi maupun kambing. Diprediksi Kenaikan harga yang signifikan diperkirakan terjadi saat menjelang idul fitri.

Kabid Peternakan , Agus Iwan Haswanto bersama jajarannya mengungkapkan  hasil pemantauan kami belum ada gejolak atau kenaikan harga yang berarti, cenderung stabil dan mengenai stok juga aman. Diperkirakan kenaikan harga yang signifikan biasanya terjadi menjelang idul fitri.

Selain memantau harga, pihaknya juga mengecek kesehatan daging yang dijual pedagang. Mulai jeroan hingga menganalisa bekas tanduk sapi yang dipotong untuk mengetahui sudah layakkah sapi tersebut untuk dipotong.

"'Dari hasil sampel pengecekan kesehatan  jeroan seperti hati aman dikonsumsi, tidak ada temuan yang membahayakan kesehatan seperti cacing hati dan daging pada umumnya juga fresh  karena baru dipotong . Ada satu daging yang dibekukan di fresher, namun masih tahap wajar dan layak konsumsi karena baru dipotong kemarin",Ujarnya 

Lebih lanjut Agus Iwan menambahkan pihaknya masih akan melakukan pemantauan harga di pertengahan Ramadhan dan menjelang lebaran. Jika terjadi gejolak harga pihaknya akan menggelar pasar murah .

Tercatat data pemantauan harga untuk  telur ayam ras mengalami sedikit kenaikan jika di bulan April harga perkilo Rp. 20 ribu sekarang menjadi Rp. 22 ribu. Daging sapi masih stabil di harga Rp. 105 ribu perkilo dan daging ayam broiler yang semula di bulan April Rp. 26 ribu perkilogram, Mei ini naik Rp. 28 ribu perkilogram.

Salah satu pedagang Inayah membenarkan bahwa harga daging masih stabil di pasaran Rembang. Ia menjual dagingnya diangka Rp. 105 ribu untuk konsumen umum dan Rp. 100 ribu untuk bakul atau dijual lagi.

Sementara pedagang empon-empon Juwari mengungkapkan harga cenderung masih stabil. “Bawang merah besar stabil di harga Rp. 3 ribu, cabai merah  sebelumnya Rp. 28 ribu sampai Rp. 30ribu  sekarang menjadi Rp. 24 ribu, tomat juga mengalami penurunan harga dari Rp. 8 ribu perkilo menjadi Rp. 6.500,”ucapnya.(Mufti Affandi)
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 1397190265739920476

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::