Meski Diperpanjang, Nelayan Rembang Belum Beralih Dari Cantrang

-- --
Kondisi kapal cantrang yang saat terparkir di TPI Tasik Agung Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Meski kembali mendapatkan masa rileksasi selama 6 bulan dan berakhir pada 2017, para nelayan cantrang di Kabupaten Rembang sebagian besar belum berganti alat tangkap ikan sesuai yang direkomendasikan pemerintah.

Perwakilan paguyuban nelayan cantrang Rembang Suyoto menjelaskan, baru ada tiga kapal nelayan yang berganti alat tangkap, namun sejak 2016 tahun lalu, ketiga kapal itu, hingga kini belum selesai dimodifikasi.

Ia menambahkan, sampai saat ini, permasalahan permodalan masih menghantui para nelayan cantrang. Belum lagi, untuk mendapatkan alat tangkap yang direkomendasikan pemerintah seperti gilnet, masih tergolong sulit.

"Sampai saat ini belum ada yang berganti alat tangkap, baru tiga kapal saja yang berganti alat tangkap, itupun sampai hari ini belum selesai" katanya.

Ketersediaan alat tangkap hingga saat ini masih dikeluhkan oleh para nelayan. Suyoto mengungkapkan dirinya bahkan harus inden dari luar Rembang, itupu belum ada kabar kapan barang itu datang.  Sehingga ia terpaksa membeli jaring gilnet bekas seharga 900 juta dengan kondisi 80%. 

Harga jaring gilnet sendiri, per 1 pcs adalah Rp 10 juta. Sedangkan yang dibutuhkan perkapal, rata-rata 100 pcs. Jika dihitung, untuk membeli alat pemilik kapal harus mengeluarkan anggaran 1 M.

"Untuk mendapat barangnnya masih sulit, saya harus DP di Juana 250 juta itupun belum ada barangnya. Terpaksa saya harus membeli jaring gilnet bekas, itu harganya hampir 900 juta" tuturnya.

Besaran biaya yang harus tanggung oleh para nelayan, dinilai sangat memberatkan. Hingga saat ini, bantuan keuangan yang ditunjuk oleh pemerintah, melalui PT Perindo disebut nelayan Rembang, belum ada kejelasan. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3382240067629289464

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::