Minggu Kedua Ramadan, Stok Darah PMI Diprediksi Menipis

-- --
Petugas menunjukkan stok darah di PMI Rembang
REMBANG - cbfmrembang.com, Stok darah di kantor PMI Cabang Rembang, diperkirakan akan menitis pada minggu kedua di bulan ramadan. Untuk sementara ketersediaan kantung darah, masih aman sampai sepuluh hari kedepan.

Pencari Pelestari Donor Darah Sukerela (P2D2S) Ervin Nurcahyanti Pada Senin pagi (29/05/2017) menjelaskan, selama bulan ramadan pendonor yang datang ke PMI Cabang Rembang jumlahnya mengalami penurunan.Padahal, jumlah permintaan darah di kantor PMI Cabang Rembang, rata-rata perhari mencapai 40 kantung darah. 

Lebih lanjut Ervin merinci, sementara, ketersediaan darah golongan A di kantor PMI ada 60 kantung, golongan B 140, golongan AB 23, dan golongan darah o ada 150 kantung.

"Untuk sepeuluh hari kedepan masih aman mas, belum tahu kalau sesudahnya" jelasnya.

Untuk memenuhi ketersediaan darah, PMI cabang Rembang terus melakukan sejumlah langkah, diantaranya dengan mengadakan donor keliling usai shalat tarawih, dan melakukan sms gateway kepada para penyumbang darah yang berlangganan di PMI Cabang Rembang.

"Kami terus melakukan sejumlah terobosan diantara donor keliling usai shalat tarawih, di masjid dan mushola dan mengingatkan melalui sms gateway kepada para pendonor" katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan darah selama bulan ramadan dan menjelang lebaran, pihak PMI Cabang Rembang akan melakukan terobosan untuk mengamankan stok darah.

Menurut anjuran dokter, donor darah dalam kondisi tubuh berpuasa tidak mengganggu kesehatan. Namun jika kondisi tubuh tidak memungkinkan, lebih baik donor darah dilakukan usai berbuka puasa. (  ASMUI  )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2961745026473003290

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::