Pemkab Upayakan Fasilitasi Sertifikat Halal UKM

-- --
Sertifikat Halal MUI
REMBANG-cbfmrembang.com,Pemkab Rembang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM Kabupaten Rembang mengupayakan fasilitasi sejumlah Usaha kecil menengah (UKM) memiliki serttifikat halal, Mengingat jumlah UKM di Rembang yang belum memiliki sertifikasi halal cukup banyak.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM Kabupaten Rembang, Muntoha melalui Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan UKM Kuswandi

Kuswandi mengatakan setelah menerima sertfiikat halal, diharapkan  UKM ini bisa lebih bersaing di luar dan omsetnya bisa lebih meningkat. Untuk tahun ini  pihaknya telah  mengajukan fasilitasi sertifikat halal bagi 20 UKM dan hasilnya semua yang diajukan lolos.

“,Sebanyak 20 Usaha Kecil Menengah (UKM) dari Kabupaten Rembang mendapatkan sertifikat halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik  Majelis Ulama Indonesia (LPOM MUI) Jawa Tengah. Sebelum mendapatkan label halal mereka telah melewati proses sosialisasi dan verifikasi yang cukup ketat”,Ujarnya.

Sedangkan untuk tahun depan Dinas perindustrian dan perdagangan akan mengupayakan jumlah UKM yang dapat difasilitasi bertambah. mengingat masih banyak UKM yang belum memiliki sertifikat halal.

Pemilik usaha kopi bubuk Siti Maryam mengaku sangat bersyukur mendapatkan sertifikat tersebut, pasalnya selama ini Ia hanya  berpikir tentang sertifkat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) saja. Fasilitasi tersebut juga sangat menguntungkan usahanya, karena dirinya tidak perlu ribet mengurus dan mengeluarkan biaya.

Siti berharap dengan berlabel halal kopi bubuk produksinya bisa semakin berkembang dalam pemasaran ke seluruh Indonesia,  bahkan jika memungkinkan sampai ke luar negeri, karena diyakini produk kopinya higienis dalam proses Pembuatannya dan aman dalam hal bahan bakunya. 

Fasilitasi sertifikat halal tahun ini menggunakan dana dari APBD. Untuk tahun 2016 lalu ada lima UKM yang mendapat sertifikat halal dan jumlah yang sama tahun 2015 lalu dan semuanya difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi.(Mufti Affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8759916107913986541

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::