Sempat Dilanda Kehawatiran, Dindukcapil Backup Data

-- --
Layanan di Dindukcapil rembang selalu antrti tiap harinya
REMBANG - cbfmrembang.com, Sejak adanya surat edaran Kementrian informasi dan komunikasi (Kemenkominfo), hingga saat ini di Kabupaten Rembang, masih terlihat aman.

Salah satunya, Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Dindukcapil) Rembang menyatakan 624.168 data kependudukan sudah diamankan. Saat kini pihak catatan sipil sudah melakukan BackUp data untuk memastikan dalam kondisi aman.

Kepala Dindukcapil Daenuri menjelaskan, dua hari sebelum adanya surat edaran dari Kementrian, Ia sudah memerintahkan kepada tim teknisi untuk mengamankan server data.

"Dari teknisi kami sudah membackup data yang sudah ada, sampai hari ini tidak terjadi apa-apa. Data dibackup semua, diserver berikutnya alhamdulillah tak terjadi apa-apa" tuturnya.

Ia mengaku sempat kehawatir dengan berita tersebut. Pasalnya, 80% sampai 90% data pada dinasnya menggunakan koneksi internet. Sampai hari ini, serangan ransomware Wannacry, tak memberikan dampat di Kabupaten Rembang.

Hanya saja, rasa was-was sempat menghantui para pegawai saat hendak menyalakan komputer, yang terkoneksi dengan menggunakan jaringan internet.

"Kehatiran ada mas, karena kita mengakui data kita 90% menggunakan jaringan internet" katanya.

Selama ini antisipasi telah dilakukan melalui sosialisasi, oleh pemerintah Indonesia dan diteruskan instansi dibawah, terlihat cukup baik. Hal itu terbukti hanya ada beberapa tempat saja di tanah air yang terkena serangan aplikasi jahat tersebut.

Pada hari Senin 15 Mei 2017, Siti, salah satu pasien RSUD Rembang mengaku menjumpai nomor antrian melalui sms center, yang jumlahnya lebih dari satu nomor yang kembar.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan yang jelas terkait kejadian itu. Apakah karena serangan virus ransomware Wannacry, atau sesuatu hal yang lain. (  ASMUI  )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 5396722032809475548

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::