Serangan Virus Komputer, Dua Instansi Di Rembang Dipantau

-- --
Simulasi
REMBANG - cbfmrembang.com, Sebuah serangan cyber terjadi disejumlah negara, salah satunya Indonesia. Mulware (malicious software), dengan programnya yang bernama ransomware (rensumwer), dengan nama virus WannaCry (wannekre) menyerang dua rumah sakit di Jakarta. Yaitu Rumah sakit Harapan Kita dan Darmais dikabarkan lumpuh dalam pelayanan.

Hingga saat ini, Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Rembang, menyatakan belum menerima laporan adanya lembaga dan instansi terkena aplikasi jahat itu.

Kepala Dinas Kominfo Rembang Andi Dimyanto menjelaskan, sejak adanya intruksi mendadak dari kementrian, pihaknya langsung menginformasikan kepada masyarakat melalui media sosial.

"Sejak adanya pengumuman dari kementrian, kami langsung melakukan sosialisasi melalui sosial media karena sifatnya mendadak" jelasnya.

Menurutnya sejauh ini tak ada gangguan yang berarti terhadap pelayanan yang ada di Kabupaten Rembang. Baik itu pelayanan pemerintahan dan kesehatan, seperti rumah sakit.

Ia menambahkan, di Kabupaten Rembang, ada dua instansi yang dinilai rawan terhadap setiap serangan aplikasi jahat. Yaitu kantor Kominfo sendiri, dan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Dukcapil) Rembang.

"Ada dua kantor yang menjadi fokus kita, diantara kominfo sendiri dan yang kedua Dindukcapil" tuturnya. 

Meski sedikit menghawatirkan, kominfo mengaku tak mempermasalahkan hal itu. Andi mengimbau, pengguna Operating System, utamanya Microsoft windows mewaspadai virus yang satu ini. 

Untuk bisa membuka komputer yang terserang WannaCry, harus membayar jasa kepada sipembuat dengan mentransfer sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan.

Cara yang paling umum untuk menginstal virus adalah melalui email dan situs web yang disusupi. Sebagai contoh, hacker akan mengirim email phishing yang meminta korban untuk membuka tautan. Tapi sebenarnya, tautan itu adalah link menuju situs berbahaya yang diam-diam men-download virus ke komputer calon korbannya.

Cara terbaik untuk melindungi diri dari serangan ini adalah, jangan mudah percaya terhadap email mencurigakan. Kunci pertahanan lainnya adalah dengan memasang program antivirus di komputer yang bisa memindai file sebelum diunduh, memblokir instalasi rahasia, dan mendeteksi mulware yang mungkin sudah ada di komputer. (  ASMUI  )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 2062044684185448655

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::