Tradisi Warga Sidomulyo Bersihkan Makam

-- --
Ziarah  dan bersih-bersih makam menjelang Ramadan menjadi tradisi warga Rembang
KALIORI-cbfmrembang.com,Seperti tahun-tahun sebelumnya ketika menjelang bulan Ramadhan, masyarakat desa Sidomulyo, kecamatan Kaliori sesuai tradisi menggelar gugur gunung membersihkan area pemakaman. 

Gugur gunung yang dikoordinir oleh pemerintah desa didahului membersihkan kuburan sanak saudara yang sudah meninggal dunia dilanjutkan makam yang sudah tidak terurus atau tanpa sanak saudara dilaksanakan secara bersama-sama.

Kepala Desa Sidomulyo- Sukari mengatakan kegiatan gugur gunung di 2 dusun desa Sidomulyo saat ini dilaksanakan secara terpisah. Untuk  kegiatan gugur gunung di dusun Kalipang dilaksanakan hari Kamis (25/5) atau 2 hari sebelum Ramadhan

Sedangkan pelaksanaannya sebelum jam 7 pagi agar setelah gugur gunung bisa beraktifitas melaksanakan kerja rutin sehari-hari. Sementara pelaksanaan gugur gunung di dusun Gingsir dilaksanakan hari Jum'at (26/5) jam 3 sore.

Sukari menambahkan setelah gugur gunung, dan lokasi pemakaman sudah bersih, masyarakat bersilaturohmi bermaaf-maafan kepada orang tua untuk meminta restu agar dalam pelaksanaan ibadah puasa berjalan dengan suasana khidmat, khusyu' dan ikhlas.

Sukari mengungkapkan pelaksanaan gugur gunung sebelumnya dilakukan pada tanggal 21 Ramadhan atau setelah malem selikur (malam ke-21) namun di tahun 2000an diubah pelaksanaannya sebelum bulan Ramadhan. Pasalnya, ketika gugur gunung dalam keadaan puasa ada sebagian orang yang pulang dulu karena kelelahan atau kecapekan.

.Secara terpisah, salah satu perangkat desa Sidomulyo asal dusun Kalipang- Yasmani menjelaskan dengan adanya gugur gunung di 2 dusun yang berbeda sangat bermanfaat bagi masyarakat wargapun dapat melaksanakan gugur gunung dikedua makam tersebut. (Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Daerah 1083735365641225598

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::