Klaster Batik Lasem Perlu Perbarui Data

-- --
Hasil karya klaster Batik lasem di pamerkan di Showroom Dekranasda di  Lasem
LASEM-cbfmrembang.com, Untuk mengetahui kapasitas produksi masing-masing pengrajin berikut jumlah pekerja yang direkrut oleh Klaster Batik Lasem dilakukan pendataan secara rutin tiap tahun. Tujuannya untuk pemerataan saat ada pesanan berjumlah banyak agar tak hanya dikuasai segelintir pengusaha batik saja.

Santoso selaku Ketua Klaster Batik Lasem menyampaikan  pembaharuan statistik sangat diperlukan karena sekaligus bermanfaat untuk pemetaan kemampuan produksi dari masing-masing pengrajin. Data tentunya juga mencakup jumlah karyawan baik tetap maupun musiman yang dipekerjakan.

“Industri batik itu dinamis, karyawan keluar masuk sudah menjadi hal lazim. Untuk itu perlu didata secara pasti agar diperoleh data valid dari sektor industri unggulan khas Rembang ini,” sebutnya.

Santoso ugkapkan selama ini statistik terkait usaha Batik Lasem kurang valid lantaran jarang diperbaharui. Untuk itu secara berkala harus disusun ulang guna mendapatkan data akurat, selain dimanfaatkan oleh klaster juga diserahkan ke dinas terkait. 

 “Setiap tahun akan kita lakukan pendataan, hal ini juga dimaksudkan untuk menjaga kepercayaan calon pembeli atas kemampuan produksi para perajin. Umpamanya ada pesanan tujuh ribu lembar pastinya tak dapat dikerjakan oleh seorang saja dan harus dibagi-bagi sesuai dengan kapasitas produksi masig-masing,” terangnya. 

Santoso tambahkan dengan adanya pemerataan saat memenuhi pesanan yang melimpah pastinya akan menekan persaingan tidak sehat antar anggota Klaster Batik Lasem. Termasuk harus ada penyeragaman harga agar semua menikmati keuntungan yang sepadan. 
 
“Bahan baku mesti sama agar kualitas tak beda dan harga juga diseragamkan supaya tak ada siapapun yang dirugikan,” imbuhnya. ( heru budi s )    
Reaksi: 

Berita Terkait

Pemerintah 4183743081334316636

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::